OPINI: Seni Musik sebagai Sarana untuk Membentuk Nilai Karakter Siswa

Sugiyanto
Seni musik menjadi sarana untuk membentuk nilai karakter siswa. (Foto: Kolase/iNews)

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana seni musik berkontribusi pada pembentukan nilai karakter siswa dan mengapa hal ini sangat penting dalam pendidikan. Perlu kita ketahui telebih dahulu bahwa ada 18 nilai-nilai pendidikan karakter antara lain adalah religious, mandiri, jujur, cinta tanah air, toleransi, gemar membaca, disiplin, semangat kebangsaan, kerja keras, bersahabat dan komunikatif, kreatif, demokratis, menghargai prestasi, rasa ingin tahu, tanggung jawab, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosia
Keindahan, rekreasi, dan kesenangan merupakan kata yang bisa diidentikkan dengan seni.

Istilah seni sendiri jika didengar akan dapat membuat kita membayangkan sesuatu yang berhubungan dengan musik, lukisan, tarian, dan hal indah lain sebagainya. Seni musik merupakan perwujudan dari media nada, vokal, suara manusia, alat-alat musik, yang menggambarakan perasaan atau ungkapan yang bersifat estetis dan bermakna.

Seni musik dalam pendidikan bertujuan untuk mengembangkan siswa yang berbudaya dan membantu siswa dalam mengekspresikan serta mengapresiasikan seni musik.

Pendidikan karakter adalah sebuah usaha yang dilakukan secara terencana dalam rangka membentuk, mendidik, dan membangun karakter peserta didik guna menjadikannya individu yang berguna bagi diri sendiri serta orang lain. Pendidikan karakter sangat erat dengan pendidikan moral, hal itu dapat diliat dari tujuannya yang membentuk kemampuan individu menjadi sempurna seiring berjalannya kehidupan yang lebih baik.

Pelaksanaan Pendidikan karakter dapat dikatakan berhasil bergantung pada penanaman pendidikan karakter itu sendiri lewat kreativitas guru.
Membentuk nilai karakter siswa melalui seni musik dapat dilhat saat siswa diminta untuk mengenal lagu-lagu nasional. Setelah mengenal lagu-lagu nasional, siswa akan menyanyikan dan memahami makna dari lagu nasional tersebut. Hal tersebut membentuk nilai karakter cinta tanah air dalam diri siswa. 

Nilai pendidikan karakter selanjutnya yang bisa didapatkan melalui seni musik adalah nilai kreatif. Siswa diminta untuk berkreasi dalam bermain musik, siswa mencoba alat musik baru. Kreativitas juga perlu dituangkan oleh guru dalam pembelajaran seni musik guna memenuhi nilai pendidikan karakter.

Kreativitas sendiri merupakan kemampuan seseorang dalam menciptakan sesuatu baru yang tepat guna. Kreativitas dalam seni musik sangat dibutuhkan agar siswa mendapatkan pengetahuan, pemahaman, dan penguasaan yang maksimal, hal tersebut karena sifat musik itu sendiri yang berdimensi kreatif. 

Editor : Sugiyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network