OPINI: Seni Musik sebagai Sarana untuk Membentuk Nilai Karakter Siswa

Sugiyanto
Seni musik menjadi sarana untuk membentuk nilai karakter siswa. (Foto: Kolase/iNews)

Pembelajaran seni musik yang kreatif dapat dilakukan guru dengan menerapkan berbagai metode dan pendekatan kepada siswa. Dengan adanya kreativitas dalam pembelajaran seni musik, nilai pendidikan karakter kreatif juga akan ada di dalam diri siswa. Siswa mengalami penghayatan seni musik, membayangkan penginderaan bentuk bentuk lagu, serta dapat berekspresi melalui seni musik.

Nilai pendidikan karakter lain yang bisa didapatkan siswa melalui pendidikan seni musik adalah komunikatif. Hal ini dikarenakan musik merupakan salah satu media atau sarana yang digunakan seseorang untuk menyampaikan pesan komunikasi, yang berfungsi untuk mengekspresikan diri. Musik merupakan salah satu bentuk dari komunikasi massa.

Pesan yang disampaikan oleh musik bersifat linier yang berarti pesan yang disampaikan searah antara kumunikator pada komunikannya.
Menciptakan nilai karakter disiplin, pada dasarnya, seni musik memerlukan tingkat disiplin yang tinggi.

Ketika siswa mempelajari alat musik atau menyanyi, mereka harus berkomitmen untuk berlatih secara teratur. Latihan yang konsisten dan fokus adalah kunci untuk menguasai keterampilan musik. Kualitas ini kemudian dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan siswa, seperti dalam pelajaran di sekolah, pekerjaan rumah, dan kehidupan sehari-hari.

Tanggung jawab, ketika siswa terlibat dalam ansambel musik atau paduan suara, mereka memiliki tanggung jawab terhadap kelompok. Mereka harus datang tepat waktu, mempersiapkan materi, dan memberikan kontribusi yang terbaik untuk kesuksesan keseluruhan. Rasa tanggung jawab ini akan membantu siswa memahami pentingnya berkomitmen dan bertanggung jawab dalam tugas dan kewajiban mereka.

Seni musik bukan hanya tentang menghasilkan suara yang indah, tetapi juga tentang membentuk karakter siswa. Seni musik merupakan salah satu jembatan untuk mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter pada diri peserta didik. Dengan seni musik, nilai-nilai karakter dapat terbentuk, seperti nilai cinta tanah air, komunikatif, kreatif disiplin, kerja tim, empati, rasa tanggung jawab, dan ketekunan melalui seni musik. Dengan adanya seni musik, karakter siswa yang baik akan tertanam dan siswa dapat membawa nilai-nilai ini ke dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Selain itu, dengan aktif dalam pembelajaran seni musik siswa akan dengan mudah mengekspresikan perasaannua, mengembangkan kreativitas, menanamkan rasa keindahan, dan kedisiplinan.. Oleh karena itu, penting bagi sekolah dan pendidik untuk mengintegrasikan seni musik dalam kurikulum pendidikan sebagai alat yang efektif untuk membentuk karakter siswa yang tangguh dan beretika. Seni musik adalah investasi berharga dalam masa depan generasi penerus kita.

 

Penulis: 

1. Ramadhani Sri Agustin (Mahasiswa S1 PGSD FIPP UNNES)

2. Dr. Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd (Dosen PGSD FIPP UNNES)

Editor : Sugiyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network