Miris, Tak Miliki Toilet Puluhan Tahun Warga BAB di Tengah Hutan dan Jamban Darurat

Rustaman Nusantara
Puluhan tahun warga daerah hutan di Desa Gundih, Grobogan, selalu hidup dalam kondisi yang kurang sehat dan nyaman.Foto:iNews/Rustaman Nusantara

KPH Gundih membantu pembangunan sanitasi berupa pembuatan jamban dan septictank.Foto:iNews/Rustaman Nusantara

Mengetahui kondisi warga daerah hutan yang sangat memprihatinkan, dan jauh dari kata layak dan sehat, pihak perhutani kesatuan pemangku hutan Gundih, Grobogan, ikut terjun dalam mengentaskan kemiskinan dan peningkatan kesehatan warga dengan memberikan bantuan pembangunan sanitasi berupa pembuatan jamban dan septictank.

Kepala administratur perhutani KPH Gundih, Haris Setiana, mengungkapkan bahwa tujuan pemberian bantuan sanitasi untuk warga miskin adalah untuk memberikan edukasi tentang pentingnya hidup sehat.

Haris Setiana menambahkan bahwa dengan adanya pelaksanaan program sanitasi yang tepat, maka pola hidup masyarakat miskin akan menjadi lebh baik dan sehat. Mengingat jumlah kepala keluarga yang belum memiliki jamban dan kamar mandi sama sekali mencapai ratusan.

Saat ini baru puluhan kepala keluarga yang dibantu, kondisi mereka kini sangat memprihatinkan dan harus segera untuk segera mendapat bantuan. Namun demikian, program pemberian bantuan sanitasi untuk warga miskin akan kembali dilaksanakan pada bulan dan tahun mendatang.

Warga juga berharap agar pemerintah daerah juga ikut membantu dalam mengenaskan kemiskinan dan menjalankan program hidup sehat di tengah masyarakat miskin.

Editor : Joko Piroso

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network