Lolos Seleksi Proposal, UMS Dapat Hibah Dana Riset Total Lebih Dari Rp 12 Miliar

Nanang SN
Ketua Lembaga Riset dan Inovasi, Ir. Sri Sunarjono, M.T., Ph.D..Foto:iNews/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapatkan hibah dana riset dengan jumlah fantastis dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).

Ketua Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) Ir. Sri Sunarjono, M.T., Ph.D., menyampaikan bahwa berdasarkan informasi yang didapatkan, pada proses penyeleksian, total proposal yang masuk DRTPM mencapai sekitar 38.000 se Indonesia.

Kemudian diseleksi secara administrasi dan banyak yang gugur kemudian tersisa sekira 18.000 proposal. Dari total tersebut kemudian diseleksi substansi dan pada akhirnya UMS bisa lolos 140 proposal yang jika diuangkan memiliki nominal sebesar lebih dari Rp 12 miliar.

"Jadi sangat ketat sekali. Dari sekira 38.000 proposal itu, untuk sebanyak 277 proposal ya dari dosen-dosen UMS. Alhamdulillah dari 277 proposal itu yang kemudian disetujui dan didanai ada 140 proposal," ungkap Sunarjono, Senin (15/7/2024).

Menurutnya, saat ini UMS sedang menunggu pengumuman dari skim KATALIS dan Prototype. UMS mengirimkan 21 proposal skim KATALIS dan 15 proposal skim prototype yang jika diuangkan bisa mencapai Rp 2 miliar.

Sunarjono pun yakin jika proposal tersebut bisa lolos banyak karena adanya pendampingan berlapis yang lebih intensif. LRI memiliki langkah pada awal membedah panduan, sehingga dapat mengetahui strategi terbaik untuk bisa menghasilkan proposal yang dapat disetujui juga didanai.

"setelah dibedah, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kepada dosen. Setelah itu kita melakukan camp, namanya camp menulis bersama supaya dosen-dosen fokus satu hari," ungkapnya.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network