Gulirkan Program MLT, BPJS Ketenagakerjaan Permudah Peserta Miliki Rumah

Nanang SN
Sosialisasi program MLT berupa pembiayaan perumahan pekerja oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surakarta bersama BTN.Foto:iNews/Istimewa

SOLO,iNewsSragen.id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bersama Bank Tabungan Negara (BTN) mensosialisasikan program Manfaat Layanan Tambahan (MLT) berupa pembiayaan perumahan pekerja di Surakarta.

Sosialisasi yang dikemas dalam kegiatan "Focus Group Discussion Implementasi Pelaksanaan Program Manfaat Layanan Tambahan" digelar BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surakarta pada, Rabu (18/9/2024), menghadirkan para pengembang perumahan di wilayah Solo Raya

"Para peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat memperoleh MLT untuk mendukung kebutuhan mereka dalam mendapatkan kepemilikan rumah. Untuk memenuhi syarat ini, peserta diharuskan mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan," kata Kepala Kantor Cabang  BPJS Ketenagakerjaan Surakarta Teguh Wiyono.

Dijelaskan, ada empat jenis MLT yang dapat diakses peserta BPJS Ketenagakerjaan, yakni kredit kepemilikan rumah (KPR), pinjaman uang muka perumahan (PUMP), pinjaman renovasi perumahan (PRP), dan fasilitas pembiayaan perumahan pekerja/kredit konstruksi (FPPP/KK).

"MLT merupakan fasilitas yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta program JHT dalam bentuk PUMP maksimal sebesar Rp150 juta. Kemudian pinjaman renovasi perumahan maksimal sebesar Rp200 juta, KPR maksimal Rp500 juta, serta  Kredit Konstruksi maksimal 80% dari nilai konstruksi," paparnya.

Dalam program MLT ini BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan beberapa perbankan dan developer untuk membantu mensukseskan kepemilikan rumah bagi para pekerja dengan harga sangat kompetitif, subsidi bunga, suku bunga lebih rendah dari suku bunga komersil, dan tenor pinjaman lebih panjang 10 sampai dengan 30 tahun".

Kepala Kantor BTN Cabang Surakarta Cesar Ario Basuki yang hadir dalam acara menyatakan sangat mendukung program MLT BPJS Ketenagakerjaan, karena semakin mendukung pemenuhan kebutuhan rumah di Indonesia, sekaligus membantu mendongkrak perekonomian nasional.

“Kemudahan akses ke kredit rumah ini juga akan menjamin hari tua para peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena selain mendapatkan keuntungan dari JHT, juga fasilitas pembiayaan untuk memiliki rumah yang aman dan nyaman," ujarnya

Ia menilai, MLT adalah program yang sangat bagus bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk memiliki rumah impian. Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sudah memiliki pinjaman KPR terdapat fasilitas take over program MLT melalui Bank BTN.

"Tentunya dengan bunga lebih rendah, khusus di bulan ( September-Red) ini ada promo yaitu bebas biaya provisi dan administrasi, pungkas Cesar.

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network