get app
inews
Aa Read Next : Toko Milik Warga Desa Doyong Sragen Disatroni Maling, Pelaku Beraksi Pagi Hari Terekam Kamera CCTV

Kartu Siswa SMP di Sragen Bisa Untuk Bayar SPP Hingga Jajan di Kantin Sekolah

Selasa, 09 Agustus 2022 | 23:32 WIB
header img
Siswa menempelkan kartu pelajar pada mesin transaksi di meja kasir kantin SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, Selasa (9/8/2022).(Foto: iNewsSragen.id/Joko Piroso)

SRAGEN, iNewsSragen.id - Kartu cashless pelajar SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, kini memiliki banyak fungsi. Selain sebagai penunjuk identitas, kartu pelajar ini juga bisa digunakan untuk membayar sumbangan pengembangan pendidikan (SPP) hingga jajan di kantin sekolah. Tidak hanya itu kartu tersebut bias untuk mengunci pintu ruang kelas.

Kartu cashless atau kartu nontunai itu merupakan inovasi terbaru buatan SMP Birul Walidain yang sudah diujicoba sejak 2021 lalu. Ini merupakan satu-satunya SMP di Sragen yang sudah menerapkan transaksi nontunai di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan kartu pelajar atau kartu pengenal.

Kepala SMP BWM Sragen, Amir, mengatakan setiap siswa tinggal menempelkan kartu pelajar pada alat transaksi di kasir saat membeli jajanan di kantin sekolah. Tentunya kartu pelajar atau kartu pengenal guru itu sudah saldonya yang bisa di-top up di kasir kantin atau di ruang tata usaha.

“Kartu pelajar yang memiliki multimanfaat itu sebenarnya sudah diberlakukan pada 2021 tetapi belum untuk semua siswa dan guru. Mulai 2022, baru semua siswa dan guru menggunakan kartu cashless ini secara serentak. Jadi tidak ada lagi transaksi tunai di sekolah ini,” ujar Amir saat launching kartu cashless, Selasa (9/8/2022) siang.

Pengisian saldo itu tidak harus di sekolah, bisa di mana pun seperti di minimarket atau di tempat pengisian saldo lainnya. Selain untuk bisa membayar jajan, SPP, hingga membuka pintu ruang kelas, kartu pelajar itu juga bisa digunakan untuk membayar tol.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut