get app
inews
Aa Read Next : Tanpa Dipungut Biaya, 960 Pemudik Asal Solo Ikut Program BPKH Balik Kerja

Mengenal Joko Tingkir, Buyut dari Seorang Raja, Namanya Dibuat Lagu Dangdut Koplo

Kamis, 18 Agustus 2022 | 15:18 WIB
header img
Kompleks makam Ki Ageng Pengging di Boyolali.(Foto: iNews.id)

Joko Tingkir lahir di Pengging. Jejak leluhur Joko Tingkir saat ini juga masih ada di daerah Pengging yang saat ini masuk dalam wilayah Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali.

Yaitu makam ayahnya Ki Kebo Kenongo atau Ki Ageng Pengging dan makam kakeknya, Sri Makurung Handayaningrat atau Ki Ageng Pengging Sepuh.

Makam Kebo Kenongo berada di kompleks pemakaman warga di Dukuh Pengging Gedong, Desa Jembungan, Kecamatan Banyudono. Makam Ki Ageng Pengging ini pun masih terawat dengan baik hingga saat ini. Komplek makam ini terlihat bersih.

Komplek makam Ki Ageng Pengging berada di tengah komplek makam. Lokasi makam ada di dalam cungkup dan ditengah pemakaman. Di sekelilingnya dikelilingi pagar setinggi 1 meter. Didepan makam ada papan tembok, dan tertempel silsilah Kyai Ageng Kebo Kenongo. Mulai dari Brawijaya V hingga Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijoyo. Di silsilah tersebut disebutkan dari Prabu Brawijaya V kemudian turun anak Retna Pembayun yang bersuamikan Sri Makurung Handayaningrat.

Pernikahan Retna Pembayun dengan Sri Makurung Handayaningrat memiliki anak yaitu Kyai Ageng Kebo Kanigoro, Kyai Ageng Kebo Kenongo dan Raden Kebo Amiluhur. Kebo Kenongo memiliki anak bernama Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijoyo.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut