get app
inews
Aa Read Next : Warga PSHT di Jateng Hendaknya Ikut Berperan Aktif dalam Tugas Bela Negara

Indahnya Cahaya Gua Suci Peninggalan Kerajaan Majapahit di Tuban

Kamis, 19 Januari 2023 | 20:37 WIB
header img
Gua Suci di Tuban peninggalan Kerajaan Majapahit (Foto: Youtube)

Salah satunya adalah Gua Suci, atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Gua Wayang. Gua Suci terletak di Karang Langan, Leran Wetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur yang juga dekat dengan pemukiman serta persawahan masyarakat sekitar dan lokasi gua dikelilingi dengan pegunungan karst.

Untuk mencapai gua, wisatawan perlu melewati perkebunan jagung milik warga. Tak jauh berjalan, Anda bisa melihat bebatuan khas yang merupakan bagian dari Gua Suci. Dikutip dari channel YouTube Arkeovlog, pada salah satu batu, terdapat deskripsi yang diperkirakan adalah tahun berdirinya bangunan tersebut, yaitu pada 1925. Menariknya, di berbagai batuan dinding ini terdapat bekas pahatan.

Gua Suci ini pernah disebutkan dalam prasasti Leran, yaitu prasasti tembaga yang terdiri dari tiga lempeng. Prasasti ini berisi pengukuhan kembali daerah batuan sebagai sima yang diperuntukkan sebagai penyembahan Dewa Wisnu.

Karena Dewa Wisnu turun ke dunia untuk mengajari manusia tentang ilmu. Nah, walaupun tanpa angka tahun namun dari tulisan dan bahasa, prasasti ini berasal dari masa Majapahit sekitar abad ke 13-14 Masehi.

Gua suci memiliki arsitektur yang sangat indah. Memasuki halaman Gua Suci ini, wisatawan sudah bisa melihat bebatuan dengan seni pahatan yang cukup menakjubkan, mengingat pembuatannya di masa lampau tanpa ada alat yang canggih.

Terdapat beberapa sekat-sekat yang dahulu diduga sebagai ruangan. Wisatawan juga bisa masuk ke dalam area gua dan menyusuri keindahan dinding dan beberapa langit-langit gua yang belum mengalami keruntuhan.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut