get app
inews
Aa Read Next : Laka Bus Pariwisata di Imogiri, 2 Warga Sukoharjo Meninggal Jadi Korban

Bus Pariwisata Rombongan SMP Terguling Timpa 2 Pemotor, 1 Tewas dan Belasan Terluka

Senin, 13 Februari 2023 | 20:31 WIB
header img
Bus pengangkut rombongan wisata SMP Negeri 3 Kabupaten Garut, Jawa Barat, terguling dan menimpa dua pemotor. Foto/iNews TV/Joe Hartoyo

Kanit Gakkum Satlantas Polres Purworejo, Iptu Eko Rusdianto mengatakan, Korban tewas atas nama Riyan Prasetyo, warga Desa Pasaranom, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Sementara sekitar 17 pelajar penumpang bus pariwisata, mengalami luka ringan, ujarnya.

Eko menambahkan, bus pariwisata yang terguling bernomor polisi D 7764 AS. Bus tersebut terguling di depan rest area Pejagran Jalan Raya Daendels.

Selain satu korban tewas, bus yang terguling juga mengakibatkan seorang motor bernama Khoirul Muhtamar mengalami patah tulang kaki.

Khoirul Muhtamar, pengendara motor bernomor polisi AA 3986 WD, langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Rizki Amalia Temon, Kabupaten Kulonprogo, Jogjakarta, untuk mendapatkan perawatan medis. Korban patah tulang kaki tersebut, merupakan warga Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Eko menjelaskan, kecelakaan ini terjadi ketika bus pariwisata yang dikemudikan oleh Ujang Amiludin (43) warga Desa Kertarahayu, Kecamatan Jatiwaras, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, melaju dari arah Jogjakarta, menuju Garut.

Bus melaju dengan kecepatan sedang, dan bermaksud mendahului kendaraan di depannya. Diduga lantaran jalan yang sempit dan jarak pandang yang terbatas akibat hujan lebat, bus justru menabrak dua sepeda motor yang melaju dari arah berlawanan, dan kemudian terguling. Saat terguling, bodi bus menimpa dua pemotor yang ada di sampingnya.

Salah satu penumpang bus yang selamat, Azam mengaku, tidak mengetahui persis kecelakaan yang terjadi karena kondisinya gelap.

Tiba-tiba saja bus oleng dan terguling, hingga semua penumpang berupaya keluar dari jendela kaca. Proses evakuasi badan bus yang terguling memakan waktu sekitar satu jam lamanya, hingga menyebabkan kemacetan panjang di jalur pantai utara (Pantura) Jawa Tengah tersebut. Dugaan sementara, kecelakaan akibat kelalaian pengemudi bus.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 13 Februari 2023 - 02:35 WIB dengan judul "Bus Pariwisata Terguling Timpa 2 Pemotor, 1 Tewas dan Belasan Terluka”.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut