get app
inews
Aa Read Next : Akibat Gempa Bumi, BPBD Garut Laporkan Dua Orang Alami Luka Ringan

Derita Warga Sukoharjo, Rumahnya Nyaris Ambrol Tergerus Abrasi Bengawan Solo

Minggu, 05 Maret 2023 | 00:10 WIB
header img
Sebuah bangunan rumah milik salah satu warga Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, nyaris ambrol tergerus abrasi Bengawan Solo. Foto:iNews/Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Sejumlah warga di Desa Dalangan dan Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, dilanda kecemasan dan ketakutan setelah tanah tempat berdirinya rumah mereka semakin hari menyusut lantaran tergerus abrasi dan erosi Bengawan Solo.

Akibat erosi tanah yang tak juga segera ditanggani itu, sebagian warga hanya memegang sertifikatnya saja lantaran tanah miliknya sudah lenyap terbawa arus erosi Bengawan Solo.

Camat Tawangsari, Bambang Sumirat mengatakan, tanah dan bangunan milik warga yang terkena erosi sebelumnya memiliki jarak sekira 40 meter dari tepi Bengawan Solo

"Kalau di Desa Dalangan, tinggal sertifikat saja karena tanahnya sudah hilang atau tergerus, ada 10 sertifikat. Sementara di Desa Pojok ada 5 sertifikat," kata Bambang pada, Sabtu (4/2/2023).

Warga yang rumahnya terkena erosi itu terpaksa harus angkat kaki pindah ke tempat yang lebih aman. Mereka ada yang pindah ke rumah saudara, dan ada juga yang memilih pergi merantau.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut