get app
inews
Aa Read Next : Viral! di Semarang Bapak Kos Makan Puluhan Kucing untuk Obat Diabetes

Dijemput Polisi Usai Bebas Dari Lapas, Pria Ini Terjerat Kasus Baru di Sukoharjo

Jum'at, 19 Mei 2023 | 21:08 WIB
header img
MAA, tersangka pelaku penipuan transaksi elektronik berhasil diamankan Polres Sukoharjo setelah baru saja keluar dari lapas.iNews/ Nanang SN

Tersangka ETS kemudian menghubungi sales perusahaan itu untuk memesan sejumlah barang setelah ada kesepakatan harga. Dari pemesanan itu pembayaran dilakukan dengan sistem transfer melalui M-Banking dan perusahan membuat tagihan lunas.

"Hanya saja bukti transfer pembayaran melalui M-Banking itu sebenarnya palsu. Sebelumnya ETS telah mengedit bukti transfer menggunakan aplikasi Pic say Pro dari handphone sehingga seolah-olah asli sesuai nomor tujuan rekening perusahaan yang jadi korban," ungkap Kapolres.

Sedangkan peran tersangka MAA, terlibat dalam mencarikan jasa angkutan untuk memuat barang yang dipesan. MAA mencari jasa angkutan barang dengan sistem terputus dari dalam lapas, yakni melalui medsos agar tidak mudah dilacak.

"Saat barang sudah dibawa, MAA meminta sharelock kepada sopir, dan ditengah jalan akan dibelokkan arah tujuannya. Barang lalu dipindahkan ke armada angkutan lain dan dibawa ke gudang tujuan untuk disimpan sementara sebelum dijual," sebut Sigit.

Akibat perbuatan para tersangka, PT. Cahaya Kharisma Plasindo yang memproduksi barang berbahan plastik berbagai jenis, diantaranya seperti HD, Polybag, gelas, dan piring, melapor telah mengalami kerugian sekira Rp83,993 juta.

"Jadi berdasarkan pemeriksaan, pelaku diduga dalam menjalankan aksinya memalsukan bukti transfer menggunakan aplikasi pengeditan foto atau gambar," papar Kapolres.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut