get app
inews
Aa Read Next : Gudang Mebel Milik Anggota DPRD Sukoharjo Terbakar,  Sumber Api dari Blower

Bertema Wayang, Pengrajin Rotan Sukoharjo di Desa Trangsan Siap Gelar Grebeg Penjalin ke VI

Senin, 05 Juni 2023 | 21:44 WIB
header img
Menyambut Grebeg Penjalin VI, Gapura berbentuk gunungan wayang terbuat dari rotan menghias pintu masuk Balai Desa Trangsan, Gatak.Foto:iNews/ Nanang SN

"Jadi selain pameran mebel rotan kualitas ekspor, juga ada bazar UMKM, hiburan setiap hari diantaranya musik pop, dangdut, dan pagelaran wayang kulit. Untuk pra kegiatan kami juga mengadakan sepeda santai dengan target peserta sekira 1.500 orang," imbuhnya.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Sukoharjo, Sri Raharjo. dalam kesempatan hadir dalam rapat koordinasi persiapan Grebeg Penjalin VI di Balai Desa Trangsan mengatakan, pihaknya akan melakukan kajian agar kerajinan rotan di Desa Trangsan diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

"Kami bekerjasama dengan perguruan tinggi dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) akan melakukan kajian. Oleh karenanya kepada pihak desa maupun pengusaha mebel rotan agar bisa mendampingi para akademisi yang akan datang dalam rangka pengumpulan data," katanya.

Diketahui berdasarkan sejarahnya, aktivitas masyarakat Desa Trangsan sebagai pengrajin rotan yang dikenal hingga mancanegara sudah berlangsung secara turun -temurun sejak lama. Bahkan Desa Trangsan juga menjadi salah satu destinasi wisata kerajinan rotan di Sukoharjo.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut