get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Tragis Bus Pariwisata di Indonesia, di Subang Paling Parah

Ratusan Tahun Tersimpan di Belanda, Keris Naga Siluman Pangeran Diponegoro Dikembalikan ke Indonesia

Selasa, 01 Agustus 2023 | 18:27 WIB
header img
Keris Naga Siluman Pangeran Diponegoro.Foto:Istimewa

Kesaksian Sentot Prawirodirdjo, seorang Panglima yang merupakan tokoh dekat Pangeran Diponegoro, bersaksi bahwa dia melihat secara langsung ketika Pangeran Diponegoro menyerahkan keris Kiai Naga Siluman. Catatan kesaksian ini ditulis secara horizontal.

Pendapat Raden Saleh, seorang pelukis istana yang saat itu berada di Belanda, diminta memberikan pendapat mengenai makna keris tersebut dan mendeskripsikan karakter fisiknya. Pendapat Raden Saleh ini ditulis secara vertikal pada kertas yang sama dengan catatan kesaksian Sentot.

Setelah Pangeran Diponegoro ditaklukan, keris Kiai Naga Siluman dibawa ke Belanda untuk diserahkan kepada raja Belanda. Pengiriman keris ini dicatat oleh lembaga dari Hindia Belanda pada saat itu, sehingga menjadi bukti tertulis mengenai pengiriman keris tersebut.

Pada akhir abad ke-19, Keris Kiai Naga Siluman milik Pangeran Diponegoro pernah dibawa dalam pameran internasional di Amerika. Sebagai dokumentasi, terdapat katalog dan foto-foto pameran tersebut, yang menunjukkan keberadaan keris ini dalam acara pameran.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut