get app
inews
Aa Read Next : Jamin Keselamatan Mahasiswa, UAS Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan

Umbul Donga Wilujengan Suran, Solawat Macapat Bertaut di Pendhapa UNDHA AUB Solo

Kamis, 03 Agustus 2023 | 00:08 WIB
header img
Prosesi umbul donga wilujengan suran yang digelar PLKJ Yayasan Karya Dharma Pancasila UNDHA AUB Solo.Foto:iNews / Nanang SN

SOLO,iNewsSragen.id  - Alunan solawat macapat diiringi tetabuhan alat musik tradisional sederhana, diantaranya kendang dan rebab, membuka prosesi ritual 'Umbul Donga Wilujengan Suran' yang digelar Pusat Lembaga Kebudayaan Jawa (PLKJ) Yayasan Karya Dharma Pancasila di pendopo kampus 2 UNDHA AUB Solo, Rabu (2/8/2023) malam.

Bersamaan solawat dan tembang, juga tersaji tarian kontemporer yang dibawakan oleh empat penari, salah satunya berbusana serba putih memainkan  wayang kulit tokoh Semar ditangannya.

Tokoh Semar itu kemudian ditancapkan ditengah para penembang solawat sebagai pertanda penegas acara ritual ruwat nagari dengan menghidangkan nasi gurih dan jenang suran.

"Ini adalah acara umbul donga yang diinisiasi oleh Yayasan Karya Dharma Pancasila. Tujuannya mendo'akan agar di tahun politik ini adem ayem lohjinawi," kata Anggoro Panji Nugroho, Ketua Yayaaan Karya Dharma Pancasila.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut