get app
inews
Aa Read Next : Jamin Keselamatan Mahasiswa, UAS Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan

Umbul Donga Wilujengan Suran, Solawat Macapat Bertaut di Pendhapa UNDHA AUB Solo

Kamis, 03 Agustus 2023 | 00:08 WIB
header img
Prosesi umbul donga wilujengan suran yang digelar PLKJ Yayasan Karya Dharma Pancasila UNDHA AUB Solo.Foto:iNews / Nanang SN

Peserta yang hadir dalam acara disebutkan, berasal dari berbagai kelompok maupun komunitas masyarakat, khususnya para pecinta dan pegiat budaya di Kota Solo dan sekitarnya.

"Ritual ini sebagai simbol bahwa kita memohon kepada Allah agar negara ini tetap selemat, terutama menjelang 2024 yang merupakan tahun politik," kata Putro Wisnu Agung, salah satu pegiat budaya yang juga terlibat dalam acara.

Menurutnya, menjelang tahun politik biasanya banyak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karenanya melalui ritual umbul donga yang digelar di bulan Sura kali ini, dimaksudkan sebagai tolak bala atau penangkal hal buruk yang akan terjadi.

"Acara ritual umbul donga dengan sajian makanan bubur suran seperti ini sudah hampir punah. Makanya ini kami selenggarakan sebagai sarana untuk memohon keselamatan," tegasnya.

Tokoh masyarakat yang juga Ketua Forum Budaya Mataram (FBM) yang juga hadir dalam acara itu, menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan acara yang sarat dengan makna budaya Jawa tersebut.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut