get app
inews
Aa Read Next : Universitas Sragen (UNISSRA) Resmi Dibuka, Inilah Beragam Program Unggulannya!

Kemeriahan Karnaval di Desa Kliwonan Sragen, Rayakan Hari Batik Nasional

Senin, 02 Oktober 2023 | 08:14 WIB
header img
Festival Batik Kliwonan yang digelar setiap tanggal 2 Oktober dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional di Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Sragen, Jawa Tengah.Foto:iNews/Joko P

Peserta Karnaval Hari Batik Nasional.Foto:iNews/Joko P

Camat Suratman mengucapkan terima kasih atas kerja sama antara pemerintah kecamatan dan pemerintah Desa Kliwonan, serta dengan para kepala RT di wilayah desa tersebut. Kerja sama ini menjadi kunci keberhasilan acara tersebut.

Eko Mulyono sebagai pendamping desa menjelaskan bahwa pengembangan kawasan wisata batik di lapangan Kliwonan dilakukan dengan membuat master plan desa Girwah di area pinggir sawah dengan pemandangan sawah yang indah. Ini menunjukkan upaya nyata dalam memaksimalkan potensi wisata dan ekonomi lokal.

Festival Batik Kliwonan juga dijadikan sebagai upaya untuk menggugah semangat dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Kliwonan. Hal ini bertujuan untuk memperkuat peran BUMDes dalam menggerakkan roda perekonomian.

Salah satu peserta karnaval, Sugiyanto, menyatakan niat untuk menjadikan karnaval ini sebagai ajang tahunan yang lebih meriah dengan melibatkan lebih banyak pihak, menggambarkan komitmen berkelanjutan dalam mendukung budaya dan ekonomi lokal.

Selain sebagai perayaan dan promosi batik, karnaval ini juga memiliki tujuan untuk melestarikan beragam budaya Indonesia.

 

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut