get app
inews
Aa Read Next : Gempar, Warga Desa Siwal Baki Temukan Mayat Pria Tanpa Identitas di Selokan

Duh, Acara HUT ke-343 Kartasura Tercoreng Dugaan Pungli Terhadap Guru

Senin, 02 Oktober 2023 | 18:24 WIB
header img
Kasi Intel Kejari Sukoharjo Galih Martino Dwi Cahyo menerima berkas aduan dari Fuad Syafrudin Latif mewakili FPMS, tentang dugaan pungli terhadap guru dalam acara HUT ke-343 Kartasura dan Festival Internasional Bebek Goreng.Foto:iNews/Nanang SN

Saat dikonfirmasi terpisah, Camat Kartasura Ikhwan Sapto Darmono, menegaskan bahwa tidak benar jika pihaknya melakukan pungli terhadap guru-guru yang ada di Kecamatan Kartasura berkaitan dengan acara HUT ke-343 Kartasura dan Festival Internasional Bebek Goreng pada, 17 September 2023 lalu.

"Pada prinsipnya, kami sebagai Camat tidak tahu-menahu persoalan itu. Kalau untuk acara HUT Kartasura dengan rangkaian kegiatannya, itu data uang masuk sudah dilaporkan (oleh panitia)," terang Ikhwan.

Ia menjelaskan, uang masuk untuk kegiatan tersebut dihimpun oleh panitia melalui pengajuan proposal. Sifat dari proposal adalah bagian dari upaya mencari sumber pendanaan secara gotong-royong untuk mensukseskan kegiatan.

"Kalau (menghimpun bantuan) melalui proposal (oleh panitia), memang benar. Jadi terkait dengan kegiatan HUT ke-343 Kartasura, itu sudah ada kepanitiaannya tersendiri. Dan panitianya juga sudah melaporkan ke kami," terangnya.

Meskipun begitu, Ikhwan tidak menampik jika dalam menghimpun dana kegiatan tersebut ada kemungkinan terdapat sumbangan dari guru-guru. Sumbangan itu merupakan bagian dari bentuk partisipasi elemen masyarakat.

"Itu tidak menutup kemungkinan merupakan bentuk guyub dan gotong royong guru. Karena itu dari panitia yang telah membuat proposal. Jadi tidak benar jika disebutkan ada pungli," tandas Ikhwan.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut