Melalui lagu-lagu ini, anak-anak tidak hanya belajar melafalkan huruf-huruf bahasa Inggris dengan benar tetapi juga merasakan irama dan melodi yang membantu memperkuat daya ingat mereka.
Penyampaian informasi melalui media yang bersifat audiovisual membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Selain itu, melibatkan anak-anak dalam aktivitas mendengarkan lagu bahasa Inggris juga dapat merangsang kemampuan pendengaran mereka, memperbaiki keterampilan berbicara, dan meningkatkan kepercayaan diri saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
Dengan memberikan pendidikan bahasa Inggris yang menyenangkan sejak dini, orang tua tidak hanya membantu anak-anak memperoleh keterampilan berbahasa yang penting, tetapi juga menciptakan fondasi yang kuat untuk pembelajaran bahasa yang lebih kompleks di masa depan.
Pendekatan ini tidak hanya memperkaya kosa kata anak-anak tetapi juga mengembangkan minat mereka terhadap belajar bahasa asing, membuka pintu bagi peluang-peluang baru dalam komunikasi dan pemahaman budaya di era globalisasi saat ini.
Dikutip dari jurnal yang berjudul Peran Lagu dalam Pengajaran Bahasa Inggris Tingkat Dasar oleh Garryn dan Golda pada bagian kutipan dari Sophya, mengatakan bahwa musik adalah bagian integral dari pembelajaran bahasa Inggris karena melalui lagu, siswa menjadi lebih peka terhadap bunyi-bunyi bahasa. Pembelajaran bahasa Inggris sebenarnya adalah memahami berbagai variasi bunyi yang memiliki makna.
Lagu juga memiliki kemampuan untuk membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan menarik. Ketika siswa menikmati lagu-lagu yang diajarkan oleh guru, mereka akan dengan senang hati dan antusias mengikuti pelajarannya. Pada saat seperti itu, tanpa disadari, mereka sedang belajar suatu konsep atau keterampilan baru (Sophya, 2013: 8). Hal ini membuktikan keefektifan penggunaan lagu berbahasa Inggris bagi anak untuk meraih pengalaman belajar yang lebih bermakna.
Peran guru dalam membentuk pengalaman belajar anak-anak tidak bisa diabaikan. Selain orang tua, guru memiliki tanggung jawab besar dalam menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan menyenangkan di sekolah. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengadopsi inovasi dalam penggunaan media pembelajaran. Guru dapat menggabungkan unsur-unsur ice breaking dalam kegiatan belajar mengajar. Sebagai contoh, guru bisa memulai pelajaran dengan menyanyikan lagu berbahasa Inggris bersama anak-anak. Aktivitas ini tidak hanya menyegarkan pikiran mereka, tetapi juga menciptakan suasana yang menyenangkan dan santai di kelas.
Editor : Sugiyanto