get app
inews
Aa Read Next : Korban Pengeroyokan di Kartasura Tuntut Polisi Segera Tangkap Pelaku

Kerahkan Alat Berat, Kodim Sukoharjo Gelar Karya Bakti Bersihkan Sungai Langsur

Kamis, 07 Desember 2023 | 22:35 WIB
header img
Karya Bakti Kodim 0726/Sukoharjo membersihkan aliran sungai Langsur di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. (Foto: Istimewa)

SUKOHARJO, iNewsSragen.id - Upaya mencegah bencana banjir di musim penghujan di wilayah Kabupaten Sukoharjo dilakukan Kodim 0726/Sukoharjo dengan menggelar karya bakti TNI melakukan normalisasi dan membersihkan aliran sungai.

Dipimpin langsung oleh Dandim Letkol Czi Slamet Riyadi bersama Wakil Bupati Agus Santosa, karya bakti kali ini dilakukan dengan sasaran lokasi sungai Langsur di Desa Parangjoro, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (7/12/2023).  

Dalam kegiatan itu, selain melibatkan personel TNI, juga turut bergabung personel dari Polres Sukoharjo, Dispertan, BPBD, SAR, PPM, Hipakad, FKPPI dan Saka Wira Kartika Dim 0726/Sukoharjo.

"Karya bakti TNI ini merupakan perintah langsung dari KASAD agar jajaran satuan teritorial menggiatkan berbagai macam kegiatan karya bakti yang bermanfaat dan dapat langsung dirasakan oleh masyarakat," kata Dandim.

Dijelaskan, pembersihan sungai Langsur serentak tidak hanya menggunakan tenaga manual, namun juga mengerahkan alat berat excavator, dan gergaji mesin atau chainsaw. Lokasinya tiga titik yaitu aliran sungai yang melewati Desa Parangjoro, Kelurahan Bulakrejo dan Kelurahan Sukoharjo.

"Pembersihan aliran sungai ini didukung oleh Pemda Kabupaten Sukoharjo dengan sasaran sepanjang 8 kilometer. Ada dua manfaat dari karya bakti ini, pertama, sebagai upaya antisipasi banjir serta mengantisipasi wabah penyakit dari nyamuk," ungkapnya.

Kedua, lanjut Dandim, untuk mengurangi dampak luapan sungai yang berpotensi merusak lahan pertanian tanaman padi milik petani dari 6 Desa atau luasnya sekira 600 hektar. 

Editor : Sugiyanto

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut