get app
inews
Aa Read Next : Seleksi Awal Calon PPK Pilkada Sukoharjo, 165 Peserta Lolos Tes CAT

Pusat Studi Perizinan UMS Dorong UMKM Berdaya Saing Tinggi

Sabtu, 09 Desember 2023 | 16:02 WIB
header img
Seminar Interdisciplinary Scientific Discussion oleh Pusat Studi Perizinan UMS.Foto:iNews/ Istimewa

Sebagai narasumber pertama, Ketua Pusat Studi Akuntansi UMS Mujiyati, menyampaikan bagaimana aturan undang-undang terkait pajak bagi pengusaha UMKM ketika menjalankan usahanya.

"Pengusaha UMKM tidak harus bayar pajak. Dalam undang-undang harmonisasi perpajakan telah memberikan fasilitas kepada pengusaha UMKM tidak harus bayar pajak dengan syarat peredaran usahanya tidak lebih dari Rp500 juta setahun atau di bawahnya tidak perlu bayar pajak," sebutnya.

Akan tetapi, lanjutnya, harus tetap lapor dan terdaftar. Kalau sudah lebih dari Rp500 juta diwajibkan membayar pajak sebesar 0,5 persen.

Mujiyati meneruskan, diharapkan UMKM untuk dapat membangun usaha yang berizin atau legal. Sehingga ketika sebuah usaha sudah legal maka lebih mudah untuk berkembang ke berbagai sisi salah satunya sisi pembiayaan maupun investasi.

Melalui seminar yang juga menghadirkan Dandy Ramadhan dari OSS RBA Kementerian Investasi itu, diharapkan bisa memberikan informasi secara luas bagi UMKM tentang pentingnya mengurus perizinan usaha.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut