get app
inews
Aa Read Next : Toko Milik Warga Desa Doyong Sragen Disatroni Maling, Pelaku Beraksi Pagi Hari Terekam Kamera CCTV

Hasil Sensus Pertanian 2023, Jumlah Petani Milenial di Sragen 100.767 Orang

Selasa, 12 Desember 2023 | 20:44 WIB
header img
H Suroto Wakil Bupati Sragen menyerahkan penghargaan kepada warga yang paling pro aktif menjadi responden dalam sensus pertanian 2023 di Hotel Front One Sragen, Selasa (12/12/2023).Foto:iNews/Joko P

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sragen, Suratno, menyatakan bahwa jumlah petani di Sragen mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh persepsi bahwa sektor pertanian kurang menjanjikan, sehingga banyak generasi muda lebih memilih untuk bekerja di pabrik atau perusahaan di kota daripada melanjutkan usaha pertanian orang tua mereka.

Suratno berharap hasil Sensus Pertanian dapat memberikan gambaran yang akurat, sehingga dapat menjadi dasar pertimbangan bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan dan mencari solusi untuk permasalahan di sektor pertanian.

Dia juga mencatat bahwa penurunan jumlah petani ini sejalan dengan berkurangnya luas lahan pertanian karena alih fungsi lahan. Beberapa area di sekitar Kota Sragen juga sudah beralih fungsi menjadi perumahan, menurut Suratno.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut