get app
inews
Aa Read Next : Brutal! Ekstremis Yahudi dan Tentara Israel di Tepi Barat Bantai Warga Palestina

Mengenang Sosok Gus Dur, Wafat 30 Desember 2009 Jelang Tahun Baru 2010

Sabtu, 30 Desember 2023 | 23:18 WIB
header img
KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur wafat pada 30 Desember 2009 atau sudah 14 tahun lalu. (Foto Okezone)

JAKARTA, iNewsSragen.id - Gus Dur, atau KH Abdurrahman Wahid, wafat pada 30 Desember 2009, tepatnya 14 tahun lalu. Ia meninggal dunia dalam perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada pukul 18.45 WIB. Kabar wafatnya Gus Dur tidak hanya mengguncang Indonesia, tetapi juga dunia internasional.

Gus Dur dikenal dalam pergaulan dunia internasional sebagai sosok yang lugas tapi tegas, dan banyak kepala negara menjadi sahabatnya. Wafatnya Gus Dur pada 30 Desember 2009 terjadi hanya beberapa hari sebelum pergantian tahun baru 2010.

Pada saat itu, sejumlah panitia dan penyelenggara perayaan tahun baru sudah siap menggelar acara dengan konsep tertentu. Namun, setelah kabar wafatnya Gus Dur, panitia penyelenggara acara tahun baru langsung mengubah konsepnya.

Ketua MUI Pusat, Asrorun Ni'am Sholeh, meminta agar penyelenggaraan pesta tahun baru dibatalkan. "Gus Dur telah wafat menjadi duka teramat dalam bagi bangsa Indonesia," ujar Asrorun kala itu.

Pemerintah Indonesia secara resmi menyatakan hari berkabung selama 7 hari, dan bendera dipasang setengah tiang. Imbauan agar penyelenggaraan acara tahun baru dibatalkan untuk menghormati masa berkabung juga dipahami panitia.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut