get app
inews
Aa Read Next : Kupas Dunia Jurnalistik, Humas UMS Gelar Sarasehan Bareng Wartawan di Bandung

Program BIPA UMS, Guru Kesenian Australia Takjub Diajak Belajar Gamelan Jawa

Sabtu, 13 Januari 2024 | 20:15 WIB
header img
Peserta program BIPA UMS dari Australia belajar memainkan gamelan Jawa di Klaten.Foto:iNews/ Istimewa

KLATEN,iNewsSragen.id - Lembaga Bahasa dan Ilmu Pengetahuan (LBIPU) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengajak peserta program Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) Indo-Austay Adult Immersion mengenal dan belajar secara langsung alat musik tradisional gamelan Jawa.

Kegiatan itu dilaksanakan di hari pertama dimulainya program belajar bahasa dan budaya Indonesia oleh LBIPU UMS di Paguyuban Sekar Melati, Paseban, Bayat, Klaten, pada Sabtu (13/1/2024)

“Kami sudah empat kali membawa peserta BIPA ke kecamatan Bayat, Klaten, karena di sini masih lumayan komplit budaya Jawa nya,” kata Direktur BIPA, Dwi Haryanti dalam keterangan tertulisnya.

Program Indo-Austay Adult Imersion adalah program yang diselenggarakan oleh Indonesian Australian Association of Victoria. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan pada peserta belajar bahasa dan budaya Indonesia yang bekerjasama dengan LBIPU UMS.

Russel Ogden, selaku Direktur dari Indo-Austay, mengungkapkan ketertarikannya untuk mengulik budaya Jawa, karena menurutnya budaya Jawa merupakan salah satu budaya yang unik di antara seluruh budaya yang ada di dunia.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut