Logo Network
Network

4 Menteri Dipanggil MK ke Sidang Sengketa Pilpres, Ini Penjelasan Jokowi

Raka Dwi Novianto
.
Rabu, 03 April 2024 | 10:03 WIB
4 Menteri Dipanggil MK ke Sidang Sengketa Pilpres, Ini Penjelasan Jokowi
Presiden Jokowi memastikan empat menteri akan hadir memenuhi pemanggilan MK di sidang sengketa Pilpres 2024.Foto: iNews/Raka Dwi Novianto

JAKARTA, iNewsSragen.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pemanggilan empat menteri oleh Mahkamah Konstitusi (MK) ke sidang sengketa Pilpres 2024. Dia memastikan bahwa keempat menteri tersebut akan hadir. "Iya, semuanya akan hadir karena diundang oleh MK. Semuanya akan hadir hari Jumat," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Sebelumnya, MK telah mengirimkan surat pemanggilan kepada empat menteri kabinet Jokowi. Keempat menteri tersebut diingatkan wajib hadir memenuhi panggilan persidangan.

"MK sudah memanggil secara patut, dan pihak yang dipanggil oleh Pengadilan wajib hadir dan tidak diwakilkan sesuai surat panggilan," kata Juru Bicara MK Fajar Laksono, pada Selasa (2/4/2024).

Ketua MK Suhartoyo mengungkapkan bahwa majelis hakim sejatinya menolak permohonan kubu Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud untuk memanggil para menteri ke sidang sengketa Pilpres 2024.

Namun, pemanggilan tersebut dianggap penting oleh MK.

"Karena sebagaimana diskusi universalnya badan peradilan yang menyelenggarakan persidangan yang sifatnya, nuansanya menjadi keberpihakan kalau mengakomodasi pembuktian-pembuktian yang diminta salah satu pihak," ungkap Suhartoyo di Gedung MK, Jakarta, pada Senin (1/4/2024).

Follow Berita iNews Sragen di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.