get app
inews
Aa Read Next : Tanggap Darurat Bencana Kebakaran, BPBD Sukoharjo Gelar Simulasi Penyelamatan

Kades Gedangan Grogol Dinilai Tak Paham Hukum, Mantan Sekdes Siap Ajukan Eksekusi Pemulihan Jabatan

Senin, 06 Mei 2024 | 17:48 WIB
header img
Abdul Rochman mantan Sekdes Gedangan dan Slamet Riyadi selaku kuasa hukumnya saat di Balai Desa Gedangan, Grogol, Sukoharjo.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Untuk kali kedua, Abdul Rochman mantan Sekretaris Desa (Sekdes) Gedangan, Grogol, Sukoharjo, yang dipecat dan menang gugatan Peninjauan Kembali (PK) PTUN Semarang, gagal bertemu dengan Kepala Desa (Kades) di Balai Desa setempat, Senin (6/5/2024).

Kuasa hukum Abdul Rochman, Slamet Riyadi menyatakan sangat kecewa dengan sikap Srinoto selaku Kades Gedangan. Berdasarkan putusan PK PTUN Nomor 22 PK/TUN/2024, Kades diminta mencabut keputusannya, dan mengembalikan jabatan Sekdes kepada Abdul Rochman.

"Jika putusan PK ini diabaikan, maka kami akan melakukan permohonan eksekusi ke TUN (Tata Usaha Negara) di Semarang untuk mengembalikan jabatan Sekdes Gedangan kepada Abdul Rochman," tegas Slamet.

Informasi yang didapat Slamet dari perangkat desa di Balai Desa Gedangan, Srinoto disebutkan tidak ada ditempat karena sedang berkoordinasi dengan Bagian Hukum Pemkab Sukoharjo.

Atas kelambanan dalam menjalankan putusan PK PTUN tersebut, Slamet menilai Kades Gedangan tidak paham tentang hukum. Bahwa keputusan PK sudah final tidak dapat dibatalkan melalui upaya hukum lain.

"Keputusan pemberhentian pak Abdul Rochman dari jabatannya sebagai Sekdes ini murni ranah kebijakan Kades. Tadi kami juga sudah menghubungi Kabag Hukum Pemkab Sukoharjo (Teguh Pramono), beliau juga belum bisa memberikan penjelasan karena alasannya sedang diluar kota," ujar Slamet.

Ia menegaskan, dalam hal pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa termasuk Sekdes, kewenangan seluruhnya ada ditangan Kades. Pemkab Sukoharjo bagian bagian hukum maupun Kecamatan Grogol hanya sebatas memberikan pertimbangan dan rekomendasi.

"Dalam kasus ini, kami juga akan menempuh jalur hukum melaporkan dugaan tindak pidana Kades Gedangan ke kepolisian. Kami menilai harkat dan martabat klien kami telah dirusak oleh keputusan pemecatan itu," tegas Slamet.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut