get app
inews
Aa Read Next : Longsor Lumajang: Dua Korban Ditemukan Tewas, Dua Lagi Masih Dicari

Aksi Demo Puluhan Jurnalis di Lumajang Lakukan Tutup Mulut Tolak RUU Penyiaran

Sabtu, 18 Mei 2024 | 12:16 WIB
header img
Puluhan wartawan di Lumajang lakukan aksi tutup mulut protes RUU Penyiaran.foto:iNews/Yayan Nugroho

LUMAJANG, iNewsSragen.id - Puluhan wartawan di Lumajang turun ke jalan melakukan aksi penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran pada Jumat (17/5/2024) pagi. Aksi ini diikuti oleh wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lumajang, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Lumajang, dan komunitas wartawan lainnya.

Para wartawan menutup mulutnya dengan lakban sebagai simbol pembungkaman terhadap pers yang mereka yakini akan terjadi jika RUU Penyiaran disahkan. Dengan membawa kertas bertuliskan penolakan RUU Penyiaran, mereka berjalan dari Alun-Alun Barat menuju depan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang.

Di depan Pemkab, sejumlah perwakilan wartawan melakukan orasi secara bergantian. Mereka menyampaikan beberapa tuntutan, antara lain:

1. Menolak seluruh isi draf RUU Penyiaran yang merupakan inisiatif DPR untuk menggantikan UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

2. Larangan penayangan jurnalisme investigasi di draf RUU Penyiaran bertentangan dengan pasal 4 ayat (2) UU Pers yang menyatakan bahwa pers tidak dikenakan penyensoran, pembredelan, atau pelarangan penyiaran.

3. Larangan penayangan jurnalisme investigasi tentunya akan membungkam kemerdekaan pers. Padahal sudah jelas tertera dalam UU Pers pasal 15 ayat (2) huruf a, bahwa fungsi Dewan Pers adalah melindungi kemerdekaan pers dari campur tangan pihak lain.

4. Jika draf RUU Penyiaran nantinya disahkan dan diberlakukan, maka tidak akan ada lagi independensi pers. Pers pun akan terancam menjadi tidak profesional.

5. Kami wartawan di Kabupaten siap membantu program pemerintah demi kemajuan daerah. Namun jangan sampai ada pembungkaman terhadap kami para insan pers. Jangan mengkebiri kami. Jangan intimidasi kami.

Ketua PWI Lumajang, Mujibul Choir, berharap aksi ini bisa menyampaikan suara wartawan Lumajang kepada pemerintah pusat. "Semoga bisa membantu menyampaikan suara kami hingga ke Jakarta," ucapnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut