get app
inews
Aa Read Next : Tanpa Dipungut Biaya, 960 Pemudik Asal Solo Ikut Program BPKH Balik Kerja

Harga BBM Berpotensi Naik per 1 Juni 2024, Presiden Jokowi Berikan Tanggapan

Rabu, 29 Mei 2024 | 21:34 WIB
header img
Harga BBM berpotensi naik per 1 Juni 2024.Foto: IST

JAKARTA, iNewsSragen.id - Potensi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 1 Juni 2024 telah menjadi perhatian utama pemerintah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa kenaikan harga BBM harus mempertimbangkan kondisi fiskal negara serta melakukan perhitungan dan kalkulasi yang cermat.

Jokowi menyatakan bahwa kemampuan fiskal negara harus diperhatikan dalam mempertimbangkan kenaikan harga BBM. "Jadi semua dilihat, fiskal negara dilihat. Mampu atau tidak mampu, kuat atau tidak kuat.

Harganya, harga minyaknya sampai seberapa tinggi. Semuanya akan dikalkulasi, semua akan dihitung," kata Jokowi saat ditemui di Istora Senayan, Jakarta, Senin (27/5/2024).

Menurut Jokowi, keputusan untuk menaikkan harga BBM tidak bisa diambil secara sembarangan karena menyangkut hajat hidup orang banyak dan dapat memengaruhi harga-harga lainnya.

"Semua akan dilakukan lewat pertimbangan-pertimbangan yang matang karena itu menyangkut hajat hidup orang banyak. Bisa memengaruhi harga, bisa memengaruhi semuanya kalau urusan minyak," tambahnya.

Pada sidang paripurna kabinet yang digelar Senin (26/2/2024), pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan harga BBM hingga Juni 2024. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa keputusan ini diambil untuk menjaga stabilitas ekonomi dan sosial.

"Diputuskan dalam sidang kabinet paripurna tidak ada kenaikan listrik, tidak ada kenaikan BBM sampai Juni baik itu yang subsidi maupun nonsubsidi," ujar Airlangga. Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan kompensasi untuk Pertamina dan PLN agar harga BBM dan tarif listrik tidak mengalami kenaikan.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut