get app
inews
Aa Read Next : Keluhan Kulit Kering Saat Kemarau, Ini Saran Owner Norma Aesthetic Clinic

Menghadapi Tantangan MPASI,  Para Ibu Wajib Tahu

Rabu, 24 Juli 2024 | 15:24 WIB
header img
dr. Maria Galuh Kamenyangan Sari, Sp.A, M.Kes.Foto:/ Istimewa

Jenis susu ada susu formula, susu  Ultra High Temperature (UHT) dikonsumsi langsung diatas usia satu tahun. Susu UHT boleh dikonsumsi dibawah satu tahun apabila dimasak. Diperbolehkan memperkaya rasa pada makanan bayi untuk memperkenalkan MPASI.

Semua makanan boleh diperkenalkan, namun toleransi masing-masing individual anak. Banyak faktor penunjang cocok atau tidaknya makanan pada MPASI. MPASI berbagai banyak drama, mulai dari Gerakan Tutup Mulut (GTM), tidak mau dikenalkan makanan artinya nomor satu menerapkan feeding rules atau aturan makan.

"Jarak antara jadwal makan jangan terlalu dekat, misalkan setiap 2 jam umur 6-8 bulan 70% susu baik ASI ataupun susu formula dan makannya 30%. Apabila bayi lapar secara alamiah akan membuka mulutnya. Selain itu di sekitarnya juga harus makan artinya bayi responsive terhadap makanan," katanya.

Ditambahkan, apabila GTM apakah ada masalah lain sariawan, ataupun tumbuh gigi. Untuk itu, ibu jangan panik jika anak tidak mau makan karena kalau ibu panik anak juga menjadi tidak mau makan. Evaluasi terlebih dahulu apakah rasa, ataupun masalah lain.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut