get app
inews
Aa Read Next : Coblosan Makin Dekat, KPU Sukoharjo Mulai Rakit Kotak Suara

PIMNAS ke-37, UMS Raih Medali Perunggu dan Penghargaan Mahasiswa Bertalenta

Senin, 21 Oktober 2024 | 18:49 WIB
header img
Perwakilan mahasiswa UMS di ajang PIMNAS ke-37 di Unair Surabaya.Foto:iNews/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Dua penghargaan dari ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 tahun 2024 diraih UNiversitas Muhammadiyah Surakarta UMS).

PIMNAS yang merupakan ajang final dengan tuan rumah Universitas Airlangga (Unair) Surabaya pada, 14-19 Oktober 2024, mempertemukan tim unggulan peserta Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Kontingen UMS mendapat medali perunggu Poster Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)-PM 2 mengusung tema SPED Gently: Smart Psychoeducation Berbasis Game sebagai Strategi Meminimalisasi Tindak Anti Bullying di SDN Gumpang 3 Kartasura, Sukoharjo.

Tim ini diketuai oleh Vera Dewi Nazarina dari Prodi PGSD, dengan anggota Muhammad Isnaini Kusuma dari Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Ela Fitriana dari Prodi PGSD, Aisyah Rizky Aulya dari Prodi Psikologi, dan Dewi Novitas dari Prodi PGSD. Pembimbing tim Ika Candra Sayekti, M.Pd.

Selain itu, mahasiswa UMS juga mendapatkan penghargaan sebagai "Mahasiswa Bertalenta", sebuah penghargaan yang diberikan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia kepada mahasiswa yang memiliki kemampuan khusus dan potensi luar biasa.

Penghargaan ini diberikan kepada Putri Annisa Nur Halimah dari Tim PKM-PM difabelpunbisa: Motivation Layer dan Digitalization Training untuk Difabel Berbasis Self Capacity Menuju Inklusi Total.

Dalam keterangannya, Wakil Rektor III UMS Prof. Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D., menyampaikan rasa bahagia dan apresiasi atas torehan prestasi yang telah diraih mahasiswanya pada PIMNAS ke-37 tahun 2024.

"Tahun ini UMS mengirimkan empat tim dengan satu tim pada skim Video Gagasan Konstruktif (VGK) dan tiga tim pada skim Pengabdian Masyarakat. Tiga di antaranya yang kita proyeksikan mendapatkan medali, alhamdulillah kita bisa meraih perunggu di PKM Pengabdian Masyarakat, dan ini adalah prestasi yang luar biasa," kata Ihwan, Senin (21/10/2024).

Dijelaskan, dari sekian banyak perguruan tinggi di seluruh Indonesia terpilih sebanyak 528 tim dari 118 perguruan tinggi, diantaranya adalah UMS.

"Medali perunggu meskipun bukan yang terbaik tetapi menjadi prestasi itu saya kira adalah satu hasil yang luar biasa karena teman-teman bisa memberikan kontribusinya tidak hanya untuk UMS tetapi juga untuk bangsa dan negara dengan ikut serta kompetisi PIMNAS," ujarnya.

Menurut Ihwan, yang mengejutkan dari ajang tersebut adalah penghargaan 'Mahasiswa Bertalenta' karena kategori ini tergolong baru. Kedepan diharapkan akan banyak proposal PKM yang bisa mendapatkan pendanaan dan akan membawa pulang medali pada PIMNAS selanjutnya.

"Kami tentu ingin lebih banyak PKM-PKM yang bisa didanai tentu saja dan tentu kami harapkan inovasi-inovasi baru, yang kemarin kami sudah mengajak para wakil dekan dan para pembina untuk melihat bagaimana ide-ide di PIMNAS itu," ungkapnya.

Ditambahkan, finalis PIMNAS menyajikan ide dalam bentuk poster dan dari berbagai ide itu ada kemungkinan bisa diadopsi, dikembangkan, dan harapannya PKM yang akan datang bisa semakin banyak yang didanai dan lolos PIMNAS dan mendapatkan medali.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut