Semua jalur Pendakian Ditutup, Aktivitas Vulkanik Gunung Slamet Meningkat

Suryono Sukarno
Jalur pendakian ke Gunung Slamet ditutup sementara menyusul meningkatnya aktivitas gunung tersebut.. Foto: ANTARA/Sumarwoto

PEMALANG, iNewsSragen.id - Semua jalur pendakian ke Gunung Slamet ditutup sementara akibat meningkatnya aktivitas vulkanik gunung tertinggi di Jawa Tengah, Kamis (23/5/2024).

Penutupan ini dilakukan oleh pihak Perhutani dan instansi terkait atas rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), yang juga mengeluarkan larangan beraktivitas dalam radius 3 km dari puncak.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Slamet PVMBG di Gambuhan, Pulosari, Pemalang, Muhamad Rusdi, menjelaskan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Slamet mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa hari terakhir, ditandai dengan sering terjadinya gempa vulkanik. Meskipun demikian, status Gunung Slamet saat ini masih berada pada level Waspada (level II).

“Sekarang ini sering terjadi gempa tremor yang biasanya hanya magnitudo 0,5-1 meningkat jadi 2-3 magnitudo secara terus menerus,” ungkap Rusdi pada Kamis (23/5/2024). Peningkatan gempa tremor tersebut memicu terjadinya gempa vulkanik yang jumlahnya meningkat signifikan.

Dalam kondisi normal, biasanya hanya terjadi satu kali gempa vulkanik dalam sebulan, namun beberapa hari terakhir ini, dalam sehari bisa terjadi puluhan kali.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network