Wacana Pembangunan TPST di Sanggang Bulu Mengemuka, Machmud Minta Dikaji Ulang

Nanang SN
Machmud Lutfi Huzain.Foto:iNews / Nanang SN

Disisi lain, saat ini Machmud secara mandiri sedang memperjuangkan mengangkat potensi pariwisata di Kecamatan Bulu dengan membuka wisata alam di Gunung Gajah Mungkur, Kedungsono, Bulu.

"Alam yang masih lestari dan jauh dari polusi bisa menjadi salah satu referensi untuk tujuan wisata alam di Kabupaten Sukoharjo," paparnya.

Dari hasil risetnya, di pegunungan Gajah Mungkur memiliki sumber air dari aliran sungai bawah tanah yang cukup besar, hanya saja untuk memanfaatkannya membutuhkan teknologi modern. Hal ini karena pegunungan Gajah Mungkur merupakan batuan keras yang terbentuk dari lelehan lava gunung api purba.

"Selain itu juga berpotensi terjadi dampak sosial yang tidak baik di Kecamatan Bulu jika ada TPA baru, yang selama ini adem ayem. Kalau menurut saya Pembangunan TPA ataupun TPST harusnya di pusat industri agar meminimalisir dampak kepada lingkungan," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukoharjo Agus Suprapto saat dikonfirmasi mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum memiliki rencana membangun TPST di Sanggang Bulu sebagai pengganti TPA Mojorejo Bendosari yang diperkirakan akan penuh dalam lima tahun mendatang.

"Kami justru merencanakan bagaimana agar TPA Mojorejo itu diperluas dengan membangun tempat untuk mengolah sampah. Tapi itu masih lama dan membutuhkan kajian serta anggaran yang sangat besar," pungkasnya.

Editor : Joko Piroso

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network