Sabar Menanti, Warga Sukoharjo Ikut Menyambut Kepulangan Jokowi di Solo

Nanang SN
Mantan Presiden RI ke-7, Joko Widodo (Jokowi) menyapa warga sambil membagi-bagikan kaos di sepanjang rute dari bandara menuju kediaman pribadi di Sumber, Banjarsari, Solo.Foto:iNews/ Nanang SN

SOLO,iNewsSragen.id - Ribuan warga Sukoharjo, mayoritas dari wilayah Kecamatan Kartasura antusias ikut menyambut kepulangan Joko Widodo ke Kota Solo setelah mengakhiri dua periode masa jabatannya sebagai Presiden RI ke-7.

Disepanjang jalan yang dilalui rombongan Jokowi salah satunya di ruas Jalan Adi Sucipto penuh deretan warga yang dengan sabar menanti kedatangan Jokowi dan Iriana setelah tiba di Bandara Adi Soemarmo, Minggu (20/10/2024) sore.

Cuaca mendung terlihat saat Jokowi dan Iriana tiba di bandara sekira pukul 16.05 WIB menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara. Begitu mendarat, Jokowi kemudian diarak menggunakan mobil terbuka dengan pengawalan ketat aparat keamanan

Pantauan di Tugu Makutha atau pintu masuk Kota Solo bagian barat dari Jalan Adisucipto, rombongan Jokowi baru melintas sekira pukul 17.55 WIB. Sorak-sorai masyarakat terdengar bersahut-sahut memanggil Jokowi yang berdiri diatas mobil menyapa sambil membagi-bagikan kaos.

Salah seorang warga Makamhaji, Kartasura. Sukoharjo, Sukir (54) yang ikut berebut kaos mengatakan sudah menunggu kedatangan Jokowi sejak sekira pukul 13.00 WIB.

"Saya ingin menyambut kedatangan Pak Jokowi yang kembali pulang kampung di Solo," kata Sukir.

Selain Sukir yang merupakan warga masyarakat biasa, juga terlihat sejumlah pelajar dan beberapa kelompok ormas serta organ relawan ikut bersorak-sorai saat Jokowi melintas. Mereka membentangkan spanduk dengan tulisan ucapan terima kasih kepada Jokowi.

Terpisah, Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi, mengatakan pengamanan Jokowi dari bandara hingga kediamannya di Sumber, Banjarsari, melibatkan sekira 1.116 personel gabungan dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP.

"Polresta Surakarta salah satu dari gugus tugas yang melaksanakan pengamanan Presiden ke tujuh Bapak Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi," kata Kapolresta.

Adapin rute  yang dilalui rombongan Jokowi diawali dari Bandara Soemarmo Boyolali, melintasi Jalan Adi Soemarmo (Boyolali), Jalan Adi Sucipto (Karanganyar-Solo), berbelok ke jalan Ahmad Yani (Solo), berbelok ke jalan Letjen Suprapto, dan tiba di kediaman Jokowi di Sumber.

"Untuk pengamanan ini sudah kita hitung, bagaimana intelijen memberikan masukan kepada kita mengenai euforia masyarakat yang akan hadir. Diperkirakan lebih dari 30 ribu masyarakat hadir menyambut kepulangan Pak Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke kediaman Sumber," pungkas Iwan.

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network