get app
inews
Aa Read Next : Data Pribadi Ada di Pinjol, Tenang Tak Perlu Panik, Ini 4 Cara Mudah Hapus Data di Pinjol

Kasus Penipuan Kuras Isi Rekening Bank Marak Terjadi, Ini Pesan Kapolres Sragen

Rabu, 21 September 2022 | 22:07 WIB
header img
AKBP Piter Yanottama, Kapolres Sragen.Foto: humas Polres

SRAGEN, iNewsSragen.id - Marak penipuan bermodus mengaku sebagai petugas bank di wilayah kabupaten Sragen, membuat jajaran Kepolisian khususnya Polres Sragen harus bertindak. utamanya dengan menghimbau kepada seluruh warga Sragen agar selalu berhati-hati dan waspada.

Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama menyebut, pihaknya telah menerima laporan aduan dari beberapa warga yang merasa jadi korban penipuan, sehingga rekening tabungan korban yang ada di bank terkuras.

Setelah korban berkomunikasi dengan orang yang diduga sebagai penipu dengan modus mengaku sebagai petugas bank, korban selanjutnya memberikan nomor rekening serta data diri lainnya untuk melengkapi prosedur yang di ajukan.

Dari pengakuan 6 pengadu mengatakan, tiba-tiba merasa ada transaksi tak dikenal yang menguras seluruh isi rekening milik korban.

Sejauh ini, para korban merasa tidak melakukan transaksi baik mobile banking ataupun secara langsung transfer di mesin ATM. Namun, isi rekening korban terkuras, dan rata-rata habis, dengan beberapa kali transaksi di dalamnya.

Menanggapi kejadian itu, kapolres berpesan, agar warga senantiasa berhati-hati dan waspada manakala ada pihak pihak tertentu, yang menginformasikan bahwa masyarakat menerima hadiah, sayembara, baik yang berwujud barang ataupun sejumlah uang, jangan langsung percaya.

Jika itu terjadi, segera laporkan ke Polres ataupun Polsek, karena saat ini sedang marak penipuan, apalagi seolah-olah hadiah itu akan di kirim ke rekening yang bersangkutan, kemudian pihak penipu meminta nomor rekening atau meminta pasport dan data diri lainnya, seolah-olah menjadi bagian dari prosedur, maka itu jangan pernah diberikan.

"Karena dari data yang kami telusuri, bahwa perbankkan prosedurnya tidak seperti itu. Tidak pernah karyawan bank meminta nomor rekening nasabah bank, meminta pasport nasabah," kata Piter.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut