get app
inews
Aa Read Next : Siap Awasi Pilkada, Bawaslu Sukoharjo Buka Rekrutmen Panwaslu Kecamatan Gunakan 2 Pola

Pengelolaan Sampah di Sukoharjo Belum Maksimal, DLH Ungkap Kendalanya

Selasa, 17 Januari 2023 | 16:29 WIB
header img
Kepala DLH Sukoharjo, Agus Suprapto. Foto: iNews/Nanang SN

"Dari target 100% itu, tahun ini kami baru bisa mencapai penanganan sampah (untuk dibuang ke TPA) baru sekira 55.22%, sedangkan untuk pengurangannya sekira 19,55%. Masih jauh dari target," ujar Agus.

Untuk itu, sebagai upaya agar 2025 mendatang sampah dapat 100% terkelola, DLH Sukoharjo pada tahun ini akan menyusun kajian terkait pengelolaan potensi sampah yang ada.

"Melalui kajian itu, kami ingin mengetahui potensi sampah yang dapat dikelola itu berapa? Kemudian yang dibuang di TPA Mojorejo itu berapa? Terus sekarang itu kapasitas TPA Mojorejo dengan kondisi saat ini, mampu menampung sampah sampai berapa tahun?," paparnya.

Dari hasil kajian itu, lanjut Agus, nantinya akan dijadikan pijakan untuk menentukan langkah berikutnya, khususnya menyangkut kemampuan daya tampung TPA Mojorejo.

"Kalau dari hasil kajian nanti, ternyata TPA Mojorejo sudah dalam titik kritis, maka harus dicarikan solusinya, yaitu membuat TPA baru. Hanya saja untuk mencari lokasi TPA baru memang agak susah. Kemungkinan bisa di daerah Sukoharjo selatan memanfaatkan bekas tambang galian C," tandasnya.

 

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut