get app
inews
Aa Read Next : Bakal Calon Bupati Sragen 2024, Untung Wina Sukowati Bersilaturahmi dengan Relawan Semut Merah

Mewujudkan SMP Negeri 2 Tangen Bebas dari Simpatik

Jum'at, 20 Januari 2023 | 08:14 WIB
header img
Slamet Indarto, M.Pd Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tangen. Foto: iNews/Joko P

SRAGEN, iNewsSragen.id - Sekolah adalah lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal yang dijadikan tempat untuk belajar dan mengajar dalam kurun waktu tertentu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sekolah adalah lembaga atau bangunan yang dipakai untuk aktivitas belajar dan mengajar sesuai dengan jenjang pendidikannya (SD, SLTP, SLTA).

Sekolah sebagai tempat beraktivitas baik guru maupun peserta didik harus mewujudkan lingkungan yang bersih, indah, aman dan nyaman serta menyenangkan.

Dalam kaitanya dengan itu maka pengelolaan lingkungan sekolah harus senantiasa tetap bersih, supaya peserta didik dan guru merasa nyaman dalam melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah.

Dengan rasa nyaman di sekolah diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Agar tercipta suasana lingkungan yang bersih, indah, aman dan nyaman serta menyenangkan maka diperlukan perhatian khusus tentang penataan lingkungan sekolah, salah satu diantaranya adalah pengelolaan limbah sampah yang notabene tidak mungkin dihindarkan dari sekolah.

Bangunan sekolah yang asri dan indah biasanya membutuhkan beberapa tanaman yang memang disengaja ditanam untuk menciptakan suasana yang rindang dan nyaman sebagai tempat untuk berteduh. Dari tanaman yang sengaja ditanam tersebut tentunya akan menjadi salah satu sumber sampah apabila daunya berguguran. Oleh karena itu dibutuhkan tenaga kebersihan untuk membersihkan sampah dari daun-daun tanaman yang berguguran setiap hari. Ada juga limbah yang sulit terurai oleh tanah dan menyebabkan tanah menjadi tidak subur yaitu sampah plastik.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut