get app
inews
Aa Read Next : Akibat Ledakan Dahsyat di Semen Padang Hospital, 120 Pasien Dirujuk ke RSUP M Djamil

Rumah Singgah Bung Karno di Padang Dihancurkan, Pemkot: Bakal Dibangun Ulang

Rabu, 22 Februari 2023 | 07:54 WIB
header img
Lahan tempat rumah singga Bung Karno yang dihancurkan.Foto: Okezone/MPI

PADANG, iNewsSragen.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang bakal membangun ulang rumah singgah Soekarno alias Bung Karno yang dihancurkan. Rumah tersebut terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 12 Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat, dan tercatat sebagai cagar budaya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Yopi Krislova mengatakan, rumah itu juga menjadi saksi bisu bagi Soekarno untuk memulai kembali perjuangan kemerdekaan, yang lama ia tinggalkan lantaran ditahan.

“Pemerintah, pada dasarnya sangat menyayangkan peruntuhan salah cagar budaya yang bernilai sejarah tersebut. Pembangunan menjadi langkah yang tepat untuk diambil demi menjaga nilai-nilainya tetap hidup di tengah masyarakat. Pemerintah Daerah tentu berusaha untuk menjaga cagar budaya itu tetap ada dan melakukan revitalisasi,” katanya, Sabtu (18/2/2023).

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Yopi menyebutkan pihaknya telah berkoordinasi dengan pemilik rumah. “Kita sudah turun dan bertemu dengan pemiliknya agar bersedia kembali untuk membangunnya,” ujarnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut