get app
inews
Aa Read Next : HUT ke-78 TNI, Grup 2 Kopassus Gelar Wayang Kulit Lakon Bima Kridha

Sendimentasi dan Penyempitan Kali Jenes di Kartasura, Gembongan Disebut Paling Parah

Senin, 13 Maret 2023 | 19:22 WIB
header img
Aliran Kali Jenes dibawah jembatan besi depan The Heritage Palace Gembongan, Kartasura.Foto:iNews/Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Persoalan pendangkalan dan penyempitan Kali Jenes yang bermuara dari Kabupaten Boyolali mengalir melewati wilayah Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, hingga masuk ke Kota Solo sebelum akhirnya sampai Bengawan Solo, masih menjadi pekerjaan rumah yang tak kunjung terselesaikan oleh pihak-pihak terkait.

Seiring dinamika sosial dan ekonomi, jumlah bangunan yang terus bertumbuhan berdiri di sempadan sungai itu diduga menjadi pemicu utama pendangkalan atau sendimentasi material dan penyempitan. Pada akhirnya menimbulkan bencana banjir.

Jika sebelumnya yang menjadi sorotan adalah aliran Kali Jenes di Dukuh Mendungan, Desa Pabelan, Kartasura yang berbatasan dengan Kota Solo, di daerah Gembongan, tepatnya perbatasan Desa Singopuran dengan Desa Pabelan ternyata juga terjadi hal yang sama.

Hal itu disampaikan oleh Camat Kartasura, Joko Miranto, bahwa untuk aliran Kali Jenes di daerah Gembongan, selain terjadi penyempitan, sendimentasinya juga paling parah. Di kanan-kiri sungai tersebut sudah penuh berhimpitan deretan bangunan rumah warga.

"Banjir yang sering terjadi di daerah Gembongan itu yang paling parah disebabkan adanya sendimentasi Kali Jenes. Permasalahanya itu disana tidak ada garis sempadannya," kata Joko saat ditemui di kantornya pada, Senin (13/3/2023).

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut