get app
inews
Aa Read Next : Bus Maut di Subang Masih Berstatus AKDP dan Terlambat Uji Kir Lokasi Wonogiri

Polisi Tetapkan Tersangka Sopir dan Kernet Bus yang Kecelakaan di Guci Tegal, Ini Alasannya

Senin, 15 Mei 2023 | 07:59 WIB
header img
Kapolres Tegal AKBP Mohammad Sajarod Zakun saat memberikan keterangan pers, Jumat (12/5/2023). Foto: iNews TV/Yunibar

TEGAL, iNewsSragen.idSopir dan kernet bus pariwisata ditetapkan sebagai  tersangka oleh Polres Tegal dalam kecelakaan tunggal di objek wisata Guci yang terjadi pekan lalu. Keduanya dinilai lalai karena tidak berada di ruang kemudi, sehingga menyebabkan bus terjun ke jurang dari lokasi parkir.

Kapolres Tegal AKBP Mohammad Sajarod Zakun mengatakan, Polisi menyampaikan penetapan sopir dan kernet bus Duta Wisata yang terjun ke Sungai Awu, didasarkan pada sejumlah alat bukti, antara lain visum korban luka dan meninggal, serta keterangan sejumlah saksi dan ahli dari APM Hino.

Menurut keterangan saksi, baik pengemudi maupun kernet tidak berada di ruang kemudi saat kecelakaan terjadi. Pengemudi juga tidak memarkirkan bus di tempat parkir yang semestinya.

Selain itu tidak mengganjal ke empat roda bus, meski telah mengaktifkan handbreak atau rem tangan saat parkir.  “Kecelakaan tidak akan terjadi jika pengemudi atau kernet berada di dalam ruang kabin,” kata Kapolres, Jumat (12/5/2023).

Keduanya bisa mencegah terjadinya kecelakaan dengan melakukan pengereman pedal yang akan mengunci ke empat roda, sehingga bus tidak akan bergerak.  Bus yang telah terisi 37 penumpang, tiba-tiba meluncur sekitar 15 menit setelah dinyalakan mesinnya oleh kernet bus. Atas dasar keterangan saksi, olah tempat kejadian perkara (TKP) dan gelar perkara, polisi menetapkan sopir dan kernet bus sebagai tersangka.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut