get app
inews
Aa Read Next : Turnamen Bulutangkis Agus Irawan Cup 2024 di Simo Boyolali, Antusias Warga Sangat Tinggi

Hakim PN Sukoharjo Jatuhkan Vonis 3,6 Tahun Terdakwa Penipu Warga Kartasura, Kerugian Rp1,6 Miliar

Kamis, 20 Juni 2024 | 18:07 WIB
header img
Terbukti menipu warga Kartasura, Anisa Indarwati warga Boyolali divonis 3,6 tahun penjara oleh Majelis Hakim PN Sukoharjo.Foto:iNews/Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sukoharjo, Muhammad Ikhsan Fathoni, menjatuhkan vonis Anisa Indarwati, warga Boyolali terdakwa kasus penipuan dengan 3,6 tahun penjara dipotong masa tahanan. Dalam kasus ini, korbannya adalah NR warga Kartasura, Sukoharjo.

Kuasa Hukum NR, Riyanto, mengatakan vonis hakim sudah sesuai, hanya saja pihaknya keberatan dengan putusan majelis hakim terkait status alat bukti berupa satu unit mobil dan satu unit motor gede (moge) yang tidak diserahkan kepada korban.

"Vonis 3,6 tahun ini sudah sesuai (Pasal 378 KUHP), tapi yang disayangkan dua alat bukti yang harus dikembalikan kepada finance, yaitu Pajero dan Harley (barang kredit milik terdakwa yang angsurannya dibayar menggunakan uang korban) itu sangat disayangkan," kata Riyanto usai sidang putusan, Kamis (20/6/2024).

Menurutnya, hakim dalam putusannya tidak mempertimbangkan adanya surat penyerahan dua aset berupa mobil dan moge yang dijadikan alat bukti tersebut kepada korban. Pajero dikembalikan kepada BCA Finance dan Harley dikembalikan ke Adira Finance.

Atas vonis putusan itu, Riyanto menyatakan masih belum sepenuhnya menerima. Selaku kuasa hukum korban, ia akan melakukan koordinasi terlebih dulu dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Kami masih pikir-pikir, nanti kami akan koordinasi dulu dengan JPU apakah menerima atau akan mengajukan upaya hukum lain yaitu banding. Mestinya kami juga akan mengupayakan langkah hukum lain itu," tegasnya. 

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut