get app
inews
Aa Read Next : Musyawarah Rakyat, Tuntas Arahkan Pendukung Coblos Kotak Kosong di Pilkada Sukoharjo

KPU Sukoharjo Mulai Verfak Kedua Syarat Dukungan Perbaikan Tuntas-Djayendra

Rabu, 31 Juli 2024 | 21:10 WIB
header img
Dokumentasi penyerahan berkas syarat dukungan perbaikan dari tim bapaslon perseorangan Tuntas-Djayendra kepada KPU Kabupaten Sukoharjo.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Setelah dinyatakan lolos verifikasi administrasi (vermin) dukungan perbaikan, berkas calon perseorangan bakal pasangan calon bupati-wakil bupati Pilkada Sukoharjo, Tuntas Subagyo-Djayendra Dewa mulai dilakukan verifikasi faktual (verfak).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo mdjaengerahkan petugas verifikator untuk turun ke lapangan menemui masyarakat yang tercatat dalam data vermin sebagai pendukung, mencocokkan kebenarannya secara faktual di lapangan.

"Hari ini, adalah hari pertama pelaksanaan verfak kedua terhadap dukungan bakal calon bupati- wakil bupati jalur perseorangan (Tuntas-Djayendra) di Pilkada 2024," kata Komisioner KPU Kabupaten Sukoharjo Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Bambang Muryanto, Rabu (31/7/2024).

Terhadap syarat dukungan perbaikan bapaslon perseorangan itu, para petugas terdiri Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan memverifikasi secara faktual sebanyak 30.405 berkas dukungan.

"Kekurangan dukungan calon perseorangan hasil verifikasi faktual pertama sebanyak 27.999 dukungan (syarat minimal 50.894 dukungan). Untuk yang kedua (perbaikan dukungan) ini yang di verfak sebanyak 30.405," kata Bambang.

Adapun pelaksanaan verfak kedua sendiri dimulai 31 Juli sampai 10 Agustus mendatang dengan mengerahkan sebanyak 1.363 petugas verifikator tersebar di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

"Untuk jumlah paling banyak yang akan di verfak ada di Kecamatan Grogol, sekira 7.000 dukungan," ungkap Bambang.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut