UMS Tuan Rumah KRI 2024, BPTI Tinjau Lokasi Edutorium KH Ahmad Dahlan

Nanang SN
Tim BPTI meninjau Edutorium UMS yang akan digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan KRI ke-22 Tahun 2024Foto:iNews/ Istimewa

SOLO,iNewsSragen.id - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), ditunjuk menjadi tuan rumah Talenta Pendidikan Tinggi Tingkat Nasional 2024, yaitu Kontes Robot Indonesia (KRI).

Sebagai persiapan penyelenggaraan KRI yang telah memasuki tahun ke-22 itu, BPTI melakukan peninjauan venue yang akan digunakan sebagai lokasi yaitu, Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS yang berada di Jalan Adi Sucipto, Karangasem, Laweyan, Solo, Jawa Tengah.

KRI mempertandingkan 7 divisi, yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

Ketua Tim Kerja Kemitraan BPTI, Rizal Alfian, disela peninjauan lokasi dengan berkeliling di area edutorium mengatakan, gedung kebanggaan UMS itu sangat representatif sekali, kapasitasnya sangat besar, menunjang exhibition dan juga untuk perlombaan robot antar mahasiswa nasional.

Ia mengatakan, BPTI memilih UMS sebagai tuan rumah, karena UMS adalah satu-satunya perguruan tinggi yang bersedia menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia dan secara venue sangat representatif dan memadai.

"Untuk pemilihan tuan rumah, kami tentunya melihat dari venue, kemudian dukungan dari tuan rumah dalam kesediaan dana tambahan yang akan dikeluarkan tuan rumah," papar Ketua Tim Kerja Kemitraan itu, Kamis (23/11/2023).

Disebutkan, estimasi penyelenggaraan dilaksanakan pada bulan Juni 2024 dan Rizal berharap supaya acara yang berlangsung di Edutorium UMS dapat memberikan edukasi kiprah talenta di bidang robotika kepada masyarakat dan Solo sekitarnya.

Wakil Rektor (WR) III UMS, Ihwan Susila, dalam kesempatan yang sama menyampaikan terimakasih kepada Puspresnas karena telah mempercayakan UMS untuk menjadi tuan rumah KRI ke-22 Tahun 2024.

"Tentu kita berterimakasih banyak kepada Puspresnas yang sudah memilih UMS sebagai tuan rumah KRI," ungkap WR 3 UMS.

Menurutnya, acara yang akan digelar pada Juni 2024 tahun depan adalah momentum untuk menjadi contoh tuan rumah yang baik dan menunjukan bahwa UMS mampu menjadi tuan rumah penyelenggaraan event nasional yang berhubungan dengan teknologi.

Menariknya, pada KRI yang diselenggarakan di UMS mendatang, akan ada pertunjukan dan akan menggandeng mitra yang bergerak di bidang teknologi.

"Kami akan mengundang siswa SMA yang memiliki komunitas robot, sehingga mereka bisa menunjukan bagaimana perkembangan teknologi robot di indonesia," tambah Ihwan.

Pada KRI tahun 2023 lalu, UMS memiliki 4 Tim yang ikut berlomba, Ihwan pun berharap pada kontes yang akan datang, Tim UMS sudah mempersiapkan kategori-kategori kontes robot agar dapat mengikuti kontes dengan lebih baik.

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network