Sebuah Yoni Besar Peninggalan Era Hindu, Ditemukan di Desa Karangpelem Sragen

Joko Piroso
Proses ekskavasi dilakukan oleh tim gabungan dari Yayasan Palapa Mendira Harja Cabang Sragen, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen, serta Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Sragen.Foto:iNews/Joko P

SRAGEN, iNewsSragen.id - Yoni Besar yang ditemukan di Dukuh Tunggon, Desa Karangpelem, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, merupakan penemuan arkeologis yang signifikan. Yoni adalah simbol keagamaan dalam agama Hindu, yang sering kali digunakan dalam upacara keagamaan dan memiliki nilai budaya yang tinggi.

Yoni yang ditemukan memiliki ukuran yang besar, dengan tinggi 1 meter, lebar 80 cm, dan panjang 80 cm. Yoni tersebut terbuat dari batu andesit dan ditemukan terkubur di ladang milik warga setempat. Meskipun bagian ceratnya patah, secara keseluruhan yoni masih utuh.

Yang menarik, yoni ini memiliki tambahan kaki di bagian bawahnya, yang semakin melebar ke arah bawah. Hal ini membedakan yoni ini dari yoni pada umumnya.

Proses ekskavasi dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Yayasan Palapa Mendira Harja Cabang Sragen, anggota pegiat sejarah Brandal Sukowati, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen, serta Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Sragen. Setelah diekskavasi, yoni tersebut kemudian disimpan dan dirawat di Balai Desa Karangpelem.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network