Sebuah Yoni Besar Peninggalan Era Hindu, Ditemukan di Desa Karangpelem Sragen

Joko Piroso
Proses ekskavasi dilakukan oleh tim gabungan dari Yayasan Palapa Mendira Harja Cabang Sragen, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen, serta Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Sragen.Foto:iNews/Joko P

Yoni Besar yang ditemukan di Dukuh Tunggon, Desa Karangpelem, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.Foto:iNews/Joko P

Penemuan yoni besar di Desa Karangpelem, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen, memang merupakan peristiwa yang langka. Ketua TACB Sragen, Anjarwati Sri Sayekti, menyatakan bahwa sebelumnya, yoni lebih sering ditemukan di Kecamatan Masaran dan Kecamatan Sidoharjo dalam wilayah Kabupaten Sragen.

Yoni yang ditemukan ini diyakini sebagai benda cagar budaya peninggalan masa Hindu klasik, kira-kira pada abad ke-13. Yoni seperti ini biasanya berdiri sendiri, dan belum ditemukan temuan lain yang terkait dengan konteks di sekitarnya selama survei yang dilakukan.

Anjarwati Sri Sayekti juga mengapresiasi pemerintah desa dan masyarakat di Karangpelem atas perhatian dan upaya mereka dalam merawat peninggalan sejarah ini. Hal ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan dan keamanan artefak bersejarah tersebut agar tetap dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Penemuan ini tidak hanya memperkaya pengetahuan kita tentang sejarah dan budaya di wilayah tersebut, tetapi juga menunjukkan pentingnya perlindungan dan pelestarian warisan budaya bagi komunitas lokal.

Editor : Joko Piroso

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network