Puncak Kekeringan Melanda, Warga di 13 Kecamatan Grobogan Krisis Air Bersih

Rustaman Nusantara
Ratusan warga Desa Keongan, Kecamatan Gabus, Grobogan, Jawa Tengah, telah mengalami krisis air bersih.Foto:iNews/Rustaman N

GROBOGAN, iNewsSragen.id - Ratusan warga Desa Keongan, Kecamatan Gabus, Grobogan, Jawa Tengah, telah mengalami krisis air bersih selama empat bulan terakhir, dengan kondisi paling parah terjadi pada bulan September tahun ini.

Warji warga Keongan terpaksa berburu resapan air di tengah sungai yang sudah mengering dengan membuat bak penampungan untuk keperluan mandi dan mencuci. Air tersebut digunakan secara bergantian karena debit air resapan tidak mencukupi.

Di dasar Sungai Keongan, yang mengering sejak empat bulan lalu, warga hilir mudik dan mengantre untuk mengambil air resapan dari sumur sedalam dua meter. Ketika air dalam sumur resapan habis, mereka harus menunggu berjam-jam hingga air kembali memenuhi sumur.

Lastri warga, terutama emak-emak berusia lanjut, harus berjalan kaki menempuh jarak sekitar lima ratus meter melalui jalan hutan yang terjal dan menanjak hanya untuk mendapatkan air.

Menurut warga, kekeringan hampir selalu melanda desa terpencil ini setiap tahun.

Namun, krisis air bersih yang terjadi sejak empat bulan lalu merupakan yang terparah.

Semua sumber air lainnya sudah mengering, menjadikan satu-satunya sumber air yang tersisa adalah sumur resapan ini yang digunakan oleh ratusan warga desa setiap hari.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network