get app
inews
Aa Read Next : 2 Kali Rugikan Indonesia! di Laga Garuda Muda vs Irak, Wasit VAR asal Thailand Kembali Bertugas

Unik! Kampung Jawa di Thailand Sudah Berdiri 112 Tahun, Banyak Masjid dan Makanan Khas Indonesia

Rabu, 10 Mei 2023 | 15:59 WIB
header img
Kampung Jawa di Thailand sudah ada sejak 112 tahun silam. Foto: ist

BANGKOK, iNewsSragen.id - Pemukiman Jawa di Kota Jakarta atau kota-kota lain di Indonesia mungkin sudah menjadi hal biasa. Namun, bagaimana dengan kampung Jawa yang ada di Bangkok, Thailand?

Di tengah-tengah pemukiman penduduk Thailand yang mayoritas beragama Buddha, ada Kampung Koh Panyee di salah satu distrik di Bangkok, tepatnya di Jalan Soi Charoen Rat 1 Yaek 9, Sathorn, Thailand.

Di Koh Panyee ini terdapat sebuah masjid dengan arsitektur khas Jawa yang dibangun oleh H. Muhammad Saleh 112 tahun yang lalu.

Ya, bangunan masjid ini merupakan tanda bahwa di sini terdapat kampung Jawa yang dihuni oleh para imigran dari Jawa sejak 112 tahun silam.

Apakah Anda penasaran tentang seperti apa kampung Jawa yang ada di Bangkok ini? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Sejarah Kampung Jawa di Bangkok

Menurut catatan dari National Archives of Thailand, pada abad ke-19, Raja Thailand pernah membawa pekerja dari Jawa Tengah, terutama dari Kendal dan Demak. Para pekerja ini diberikan tanah dan diizinkan membangun rumah di tanah yang diberikan oleh Raja.

Para pekerja tersebut diminta untuk membangun sebuah masjid yang mirip dengan yang ada di Indonesia. Setelah pembangunan masjid selesai, banyak dari para pekerja ini memilih untuk tinggal dan membesarkan keluarga di kawasan tersebut.

Meskipun sekarang tidak banyak orang di Kampung Jawa yang masih bisa berbahasa Jawa, Anda masih dapat menemukan banyak jajanan atau makanan khas Indonesia terutama makanan khas Jawa.

Makanan ini banyak disajikan oleh masyarakat, terutama saat perayaan Islam.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut