get app
inews
Aa Read Next : Jamin Keselamatan Mahasiswa, UAS Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan

Unjuk Rasa Tuntut Netralitas Instansi Pendidikan di Pemilu 2024, Mahasiswa UMS Turun ke Jalan

Jum'at, 22 Desember 2023 | 23:12 WIB
header img
Unjuk rasa mahasiswa UMS menuntut netralitas instansi pendidikan dan gerakan mahasiswa netral dalam Pemilu 2024.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Aksi unjuk rasa dilakukan sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) bersama beberapa aliansi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di jalan menuju kampus setempat, atau Jalan Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo pada, Jum'at (22/12/2023) sore.

Dalam aksi yang dikawal puluhan aparat keamanan dari Polsek Kartasura Polres Sukoharjo itu, mereka menyuarakan tuntutan kepada instansi pendidikan dan gerakan mahasiswa agar netral dalam pemilu 2024.

Membawa tema 'Aksi Jum'at Melawan', mereka menyatakan, bahwa unjuk rasa kali ini adalah gerakan kolektif oleh mahasiswa UMS atas keresahan tentang demokrasi yang mulai dikebiri, mahasiswa yang dipolitisasi dan rakyat kecil yang mulai terintimidasi.

"Ini murni dari keresahan bersama tanpa berafiliasi dengan instansi kepartaian nasional ataupun kepemerintahan manapun," kata Ali salah satu peserta unjuk rasa.

Disebutkan, instansi pendidikan memiliki tanggungjawab untuk memberikan pencerdasan politik kepada para mahasiswa, oleh karenanya harus bersikap netral dalam kontestasi pemilu 2024.

"Demikan juga dengan gerakan mahasiswa haruslah bersikap netral untuk menjaga idealitas sebagai organisasi pergerakan," tegasnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut