Tolak Tapera, Buruh di Sukoharjo Minta DPRD Fasilitasi Bertemu Moeldoko

Nanang SN
Audiensi buruh dan pengusaha dengan Komisi IV DPRD Sukoharjo, terkait penolakan PP Tapera.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.idProgram Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang baru saja digulirkan pemerintah melalui pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ramai mendapat tanggapan berupa penolakan di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Forum Peduli Buruh (FPB), dan Serikat Pekerja Nasional (SPN) yang ada di Kabupaten Sukoharjo kompak menolak PP Tapera. Penolakan itu terungkap dalam pertemuan audiensi dengan Komisi IV DPRD Sukoharjo, Rabu (5/6/2024).

Dalam audiensi itu, perwakilan dari SPN Sukoharjo menyampaikan permohonannya kepada DPRD jika memungkinkan dapat memfasilitasi ke Jakarta untuk bertemu dengan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko. Tujuannya untuk menyampaikan penolakan pemberlakuan Tapera.

Dalam audiensi itu, mereka mempertanyakan apa manfaat dari program Tapera yang termuat dalam

Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2024 atas perubahan dari Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2020 itu.

"Ada kekhawatiran dari pengusaha dan pekerja karena PP 21 tersebut sudah diundangkan maka tidak dapat dirubah. Kami menyarankan untuk optimalisasi program layanan tambahan BP Jamsostek," kata Ketua APINDO Sukoharjo Yunus Ariyanto.

Menanggapi, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sukoharjo, Agus Sumantri menyampaikan, bahwa tentang keberatan buruh dan perwakilan pengusaha atas Tapera, pihaknya akan bertindak sebagai jembatan untuk menyampaikan ke pimpinan DPR di tingkat pusat.

"Kami dari Komisi IV intinya menjalankan fungsi menjembatani sikap dan tanggapan buruh serta perwakilan perusahaan yang ada di Kabupaten Sukoharjo, terkait munculnya PP 21 Tahun 2024, tentang Tapera," ujar Agus.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network