get app
inews
Aa Read Next : Program BIPA UMS, Guru Kesenian Australia Takjub Diajak Belajar Gamelan Jawa

OPINI: Belajar Seni Era Teknologi Digital?

Senin, 25 September 2023 | 17:44 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: digitalbisa.id)

Era teknologi digital yang akan selalu berdampingan dengan kehidupan masyarakat, saat ini juga memiliki dampak pada bidang pendidikan yakni pada proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dulunya cenderung lebih pasif karena hanya berfokus pada isi materi serta menggunakan proses berpikir yang abstrak, kini pembelajaran dihadirkan dengan adanya proses belajar didasarkan pada suatu masalah secara kontekstual di mana peserta didik juga diberikan kebebasan untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar.

Hal ini juga berlaku pada pembelajaran seni, di mana dulu belajar seni hanya difokuskan pada kemampuan berkarya pada peserta didik, sekarang lebih berorientasi pada mendapatkan pengalaman seni dalam berekspresi pada karya.

Association for Educational Communications and Technology (AECT, 2004) menyampaikan bahwa teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etis dalam upaya memfasilitasi belajar serta meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat. Di mana sekarang teknologi digital dalam pendidikan tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran namun juga media multidimensi. Dengan adanya teknologi digital, berbagai platform dan ragam teknologi yang dapat di manfaatkan dalam pembelajaran. 

Pada tahun 2020 dibuktikan ada 59,33% siswa yang menggunakan internet. Angka ini tumbuh pesat dari 33,98% pada 2016. Peningkatan pengguna internet tersebut terjadi di semua jenjang pendidikan, terutama di kalangan SD/sederajat. 

Editor : Sugiyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut