get app
inews
Aa Read Next : Transaksi Miras Dipinggir Jalan, 2 Warga Solo Terciduk Patroli Polisi

Jenis Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan, Dijamin Mudah Dapat Cuan untuk Pemula

Jum'at, 08 Desember 2023 | 15:03 WIB
header img
Ilustrasi investasi jangka pendek. Foto: Ist

Saham 

Investasi saham menjadi salah satu jenis investasi populer dan banyak dilakukan oleh para investor. Investasi saham berarti kamu membeli kepemilikan di suatu perusahaan. Keuntungan pada investasi ini bersifat deviden, yang mana pembagian laba diberikan berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki.

Investasi saham memang memberikan keuntungan yang sangat besar ketika harga saham naik, namun kamu juga harus cermat bahwa resiko kehilangan modal juga bisa terjadi ketika perusahaan mengalami kebangkrutan atau ketika harga saham sedang turun.

Emas 

Investasi emas masih menjadi investasi yang banyak dipilih karena dinilai stabil di tengah fluktuasi pasar keuangan. Investasi emas ini bisa menjadi investasi jangka panjang maupun jangka pendek.

Investasi emas dinilai menguntungkan karena tahan terhadap arus inflasi. Selain itu, investasi ini cenderung mengalami kenaikan dan risiko penurunan harganya sangat rendah.

Jika suatu saat kamu membutuhkan dana pun, investasi emas ini sangat mudah dicairkan dibandingkan dengan investasi lainnya. Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah sifatnya yang tidak tergantung terhadap kebijakan pemerintah, berbeda dengan rupiah yang tidak stabil dan sangat rentan terhadap kebijakan pemerintah.

Selain itu, instrumen investasi emas juga terjamin karena setiap pembelian akan disertai dengan sertifikat yang mencakup nomor identitas, berat, kadar, dan ukuran dari emas tersebut.

Obligasi Korporasi Jangka Pendek 

Jika kamu mencari opsi investasi dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada deposito, obligasi korporasi bisa jadi pilihan yang patut dijajal. Dalam investasi ini, kamu akan memberikan pinjaman kepada perusahaan dan secara berkala menerima pembayaran bunga, sambil tetap mendapatkan modal awal kembali pada saat jatuh tempo.

Namun, perlu diingat bahwa perusahaan bisa berpotensi bangkrut yang dapat menyebabkan tidak mampu membayar bunga dan mengembalikan dana obligasi kepada investor. Maka dari itu, tetaplah waspada dengan perusahaan tempatmu membeli obligasi. Jika perusahaan masih baru, maka risiko gagal bayarnya juga tinggi.

Surat Berharga Negara (SBN)

SBN adalah obligasi yang penerbitannya dilakukan oleh pemerintah. Kelebihan utama SBN dibandingkan obligasi korporasi adalah tingkat resiko yang lebih rendah karena pembayaran modal dan bunga dijamin oleh negara. Namun, keuntungan yang dihasilkan dari investasi ini cenderung lebih kecil daripada obligasi korporasi.

Dalam investasi SBN, terdapat dua jenis yang dapat dipilih, yaitu Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). SBSN merupakan solusi bagi kamu yang ingin berinvestasi dalam obligasi dengan prinsip syariah.

Demikianlah penjelasan tentang  investasi jangka pendek yang menguntungkan untuk pemula. Apabila kamu mencari cara untuk meraih keuntungan dalam waktu yang tidak terlalu lama, jenis investasi ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk dicoba.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut