Prosesi Pengambilan Api Suci Waisak di Mrapen Berlangsung Hikmat

Rustaman Nusantara
Prosesi pengambilan api suci Waisak di pelataran Api Abadi Mrapen, Grobogan, berlangsung penuh hikmat, Selasa (21/5/2014) siang.Foto:iNews/Rustaman Nusantara

Gunawan, Sekjen Walubi Jawa Tengah, menyatakan bahwa prosesi pengambilan Api Dharma kali ini berlangsung sangat hikmat. Selama pengambilan api, para biksu berdoa agar semua umat bisa diberikan keberkahan, kesehatan, dan keselamatan dalam hidup, seperti api yang menyala sebagai bentuk penerangan.

Api suci ini akan disimpan bersama dengan air Jumprit dari Temanggung, Jawa Tengah, selama semalam di pelataran Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah.

Api Tri Suci Waisak yang telah diambil ini kemudian diarak menuju pelataran Candi Mendut, Magelang, oleh seluruh rombongan biksu dan pengurus Walubi Jawa Tengah. Diharapkan dengan diambilnya api suci ini, akan menjadi pencerahan dan penyadaran tersendiri bagi umat manusia.

Api dan air suci yang telah diambil dari Grobogan dan Temanggung, Jawa Tengah, akan digunakan untuk prosesi Waisak di pelataran Candi Borobudur mendatang.

Editor : Joko Piroso

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network